Pengaruh social media marketing dan influencer terhadap minat beli pada konsumen TikTok Shop di Kota Bandung

Jayanagara, Azhar Patria (2025) Pengaruh social media marketing dan influencer terhadap minat beli pada konsumen TikTok Shop di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SK Bebas Plagiasi Azhar.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran Azhar Patria Jayanagara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan internet telah mengubah perilaku konsumen, termasuk dalam aktivitas berbelanja yang kini banyak dilakukan secara daring melalui media sosial dan e-commerce. Salah satu platform yang mengalami pertumbuhan pesat adalah TikTok, terutama setelah hadirnya fitur TikTok Shop yang memadukan hiburan, interaksi sosial, dan transaksi jual-beli. Fenomena ini membuka peluang sekaligus tantangan bagi pelaku usaha untuk menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan dari Social Media Marketing dan Influencer terhadap Minat Beli pada Konsumen Tiktok Shop di Kota Bandung. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh Gunelius (2011) mengenai Social Media Marketing, Terece A. Shimp (2020) mengenai Influencer, dan Kotler & Keller (2016) mengenai Minat Beli. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif pada 150 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Google Form dan dianalisis dengan uji deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R²) menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing dan Influencer, baik secara parsial maupun simultan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli konsumen TikTok Shop di Kota Bandung. Nilai koefisien determinasi sebesar 44,2%, sedangkan 55,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian, tingkat pengaruh anatara variabel berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing; Influencer; Minat Beli
Subjects: General Management
General Management > Sales Management
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Azhar Patria Jayanagara
Date Deposited: 02 Oct 2025 07:29
Last Modified: 02 Oct 2025 07:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122737

Actions (login required)

View Item View Item