Jayanagara, Azhar Patria (2025) Pengaruh social media marketing dan influencer terhadap minat beli pada konsumen TikTok Shop di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
SK Bebas Plagiasi Azhar.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (392kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
Lampiran Azhar Patria Jayanagara.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi dan internet telah mengubah perilaku konsumen, termasuk dalam aktivitas berbelanja yang kini banyak dilakukan secara daring melalui media sosial dan e-commerce. Salah satu platform yang mengalami pertumbuhan pesat adalah TikTok, terutama setelah hadirnya fitur TikTok Shop yang memadukan hiburan, interaksi sosial, dan transaksi jual-beli. Fenomena ini membuka peluang sekaligus tantangan bagi pelaku usaha untuk menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan dari Social Media Marketing dan Influencer terhadap Minat Beli pada Konsumen Tiktok Shop di Kota Bandung. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh Gunelius (2011) mengenai Social Media Marketing, Terece A. Shimp (2020) mengenai Influencer, dan Kotler & Keller (2016) mengenai Minat Beli. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif pada 150 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Google Form dan dianalisis dengan uji deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R²) menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing dan Influencer, baik secara parsial maupun simultan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli konsumen TikTok Shop di Kota Bandung. Nilai koefisien determinasi sebesar 44,2%, sedangkan 55,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian, tingkat pengaruh anatara variabel berada pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media Marketing; Influencer; Minat Beli |
Subjects: | General Management General Management > Sales Management General Management > Consumer Behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Azhar Patria Jayanagara |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 07:29 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 07:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |