Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas X SMAN 1 Cikarang Pusat

Salsabila, Hanum (2025) Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas X SMAN 1 Cikarang Pusat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di kelas X SMAN 1 Cikarang Pusat yang dihadapkan pada berbagai tantangan berupa nilai rata-rata ulangan harian belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), partisipasi serta motivasi belajar siswa masih rendah, dan proses pembelajaran masih didominasi oleh metode ceramah yang membuat siswa pasif dan kurang memahami materi secara mendalam. Salah satu model yang diyakini mampu menjawab tantangan tersebut adalah discovery learning, yang menempatkan siswa sebagai subjek aktif dalam proses pencarian dan pemahaman materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di kelas X SMAN 1 Cikarang Pusat, 2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di kelas X SMAN 1 Cikarang Pusat, dan 3) pengaruh model pembelajaran discovery learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di kelas X SMAN 1 Cikarang Pusat. Penggunaan model discovery learning bertujuan untuk mengubah suasana pembelajaran yang pasif menjadi lebih aktif dan kreatif. Pendekatan ini juga berpusat pada siswa (student oriented), di mana siswa didorong untuk terlibat secara mandiri baik dalam mengeksplorasi, menemukan, dan membangun sendiri pemahamannya terhadap materi yang dipelajari. Dengan demikian, pembelajaran menjadi lebih bermakna dan mendorong siswa untuk berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket atau kuesioner, tes, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan uji validitas instrumen, uji reliabilitas instrumen, analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di kelas X SMAN 1 Cikarang Pusat terlaksana dengan baik berdasarkan hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91,7%, 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di kelas X SMAN 1 Cikarang Pusat terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu kategori rendah sebanyak 17 siswa, kategori sedang sebanyak 20 siswa, dan kategori tinggi sebanyak 19 siswa. Secara umum, motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang, dan 3) Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di kelas X SMAN 1 Cikarang Pusat terbukti signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,037 (Sig. < 0,05) berdasarkan hasil uji ANOVA dua jalur.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning; Motivasi Belajar; Hasil Belajar
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Salsabila Hanum
Date Deposited: 03 Oct 2025 02:19
Last Modified: 03 Oct 2025 02:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122768

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item