Pengembangan komik digital berbantuan webtoon untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi fluida dinamis

Auliya Al Baits, Misykah (2025) Pengembangan komik digital berbantuan webtoon untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi fluida dinamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya kemampuan peserta didik di Indonesia seperti rendahnya tingkat literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan literasi sains, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran yang berbeda. Pendekatan penelitian ini adalah campuran kuantitatif dan kualitatif dengan metode penelitian R&D model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA MA Husainiyah Cicalengka. Instrumen penelitian ini meliputi validasi ahli materi dan media. Observasi keterlaksanaan, tes soal literasi sains, dan angket respon peserta didik. Analisis data dilakukan dengan uji validitas Aiken’s V, perhitungan nilai observasi, uji N-Gain, perhitungan hasil angket, dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media dinilai layak dengan nilai 0,87 dalam interpretasi “Tinggi”. Keterlaksanaan pembelajaran aktivitas guru bernilai 90,11% dan hasil aktivitas peserta didik mencapai 89,22%. Hasil N-Gain memiliki nilai sebesar 0,52 dengan kategori “Sedang”. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikasi 0.000 dimana menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi sains peserta didik antara sebelum dan sesudah diterapkannya perlakuan. Respon peserta didik setelah melakukan pembelajaran dikatakan baik dengan persentase penilaian sebesar 72,70%. Dengan demikian komik digital berbantuan webtoon dikatakan dapat digunakan dalam pembelajaran, dapat meningkatkan literasi sains peserta didik, dan mendapatkan respon baik dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: fluida dinamis; komik digital; literasi sains; media interaktif
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: misykah misykah auliya al baits
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:40
Last Modified: 06 Oct 2025 07:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122867

Actions (login required)

View Item View Item