Auliya Al Baits, Misykah (2025) Pengembangan komik digital berbantuan webtoon untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi fluida dinamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (488kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (34MB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya kemampuan peserta didik di Indonesia seperti rendahnya tingkat literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan literasi sains, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran yang berbeda. Pendekatan penelitian ini adalah campuran kuantitatif dan kualitatif dengan metode penelitian R&D model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA MA Husainiyah Cicalengka. Instrumen penelitian ini meliputi validasi ahli materi dan media. Observasi keterlaksanaan, tes soal literasi sains, dan angket respon peserta didik. Analisis data dilakukan dengan uji validitas Aiken’s V, perhitungan nilai observasi, uji N-Gain, perhitungan hasil angket, dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media dinilai layak dengan nilai 0,87 dalam interpretasi “Tinggi”. Keterlaksanaan pembelajaran aktivitas guru bernilai 90,11% dan hasil aktivitas peserta didik mencapai 89,22%. Hasil N-Gain memiliki nilai sebesar 0,52 dengan kategori “Sedang”. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikasi 0.000 dimana menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi sains peserta didik antara sebelum dan sesudah diterapkannya perlakuan. Respon peserta didik setelah melakukan pembelajaran dikatakan baik dengan persentase penilaian sebesar 72,70%. Dengan demikian komik digital berbantuan webtoon dikatakan dapat digunakan dalam pembelajaran, dapat meningkatkan literasi sains peserta didik, dan mendapatkan respon baik dari peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fluida dinamis; komik digital; literasi sains; media interaktif |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | misykah misykah auliya al baits |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 07:40 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 07:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |