Pengembangan e-Modul berbasis Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi energi terbarukan

Maola, Naila Lutfia (2025) Pengembangan e-Modul berbasis Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi energi terbarukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarism.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
5_bab1.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Energi Terbarukan. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang teridentifikasi melalui studi pendahuluan berupa tes keterampilan berpikir kreatif serta wawancara yang dilakukan di lapangan. Metode yang digunakan adalah penelitian Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil yang didapatkan dari validitas materi e-modul berbasis PjBL sebesar 0,84 dengan kategori sangat tinggi dan validitas media sebesar 0,74 dengan kategori tinggi. Rata-rata persentase efektivitas pembelajaran setiap pertemuan sebesar 90,48% pada pertemuan 1, sebesar 90% pada pertemuan 2, dan sebesar 94,3% pada pertemuan 3. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif ditunjukkan oleh nilai N-gain sebesar 0,72 (kategori tinggi). Uji-t menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, e-modul berbasis PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Energi Terbarukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-modul; project based learning (pjbl); energi terbarukan; keterampilan berpikir kreatif
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Naila Lutfia Maola
Date Deposited: 07 Oct 2025 02:41
Last Modified: 07 Oct 2025 02:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122927

Actions (login required)

View Item View Item