Maola, Naila Lutfia (2025) Pengembangan e-Modul berbasis Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi energi terbarukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (138kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarism.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
5_bab1.pdf Download (397kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 5)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Energi Terbarukan. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang teridentifikasi melalui studi pendahuluan berupa tes keterampilan berpikir kreatif serta wawancara yang dilakukan di lapangan. Metode yang digunakan adalah penelitian Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil yang didapatkan dari validitas materi e-modul berbasis PjBL sebesar 0,84 dengan kategori sangat tinggi dan validitas media sebesar 0,74 dengan kategori tinggi. Rata-rata persentase efektivitas pembelajaran setiap pertemuan sebesar 90,48% pada pertemuan 1, sebesar 90% pada pertemuan 2, dan sebesar 94,3% pada pertemuan 3. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif ditunjukkan oleh nilai N-gain sebesar 0,72 (kategori tinggi). Uji-t menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, e-modul berbasis PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Energi Terbarukan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul; project based learning (pjbl); energi terbarukan; keterampilan berpikir kreatif |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Naila Lutfia Maola |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:41 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 02:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122927 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |