Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantu media piktochart untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi ekosistem

Umbara, Nur Ridla Hermawati (2025) Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantu media piktochart untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis penting bagi peserta didik untuk menghadapi tantangan abad ke-21, namun masih tergolong rendah dan bervariasi. Penelitian ini menganalisis pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantu media Piktochart untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi ekosistem. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group, melibatkan dua kelas yaiyu kelas eksperimen dengan model pembelajaran CPS berbantu Piktochart dan kontrol dengan model pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran sangat baik, aktivitas guru 94% dan peserta didik 89%. Peningkatan keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dengan N-Gain 0,71 (kategori tinggi). Uji t menghasilkan signifikansi 0,001 (<0,05) dan effect size 0,701 (kategori sedang), menunjukkan perbedaan signifikan antar kelas. Angket respon peserta didik memperoleh rata-rata 81% (sangat baik). Disimpulkan bahwa model CPS berbantu Piktochart berpengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving; Ekosistem; Keterampilan Berpikir Kritis; Piktochart
Subjects: Education, Research
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Umbara Nur Ridla
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:00
Last Modified: 08 Oct 2025 03:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123001

Actions (login required)

View Item View Item