Umbara, Nur Ridla Hermawati (2025) Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantu media piktochart untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (145kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis penting bagi peserta didik untuk menghadapi tantangan abad ke-21, namun masih tergolong rendah dan bervariasi. Penelitian ini menganalisis pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantu media Piktochart untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi ekosistem. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group, melibatkan dua kelas yaiyu kelas eksperimen dengan model pembelajaran CPS berbantu Piktochart dan kontrol dengan model pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran sangat baik, aktivitas guru 94% dan peserta didik 89%. Peningkatan keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dengan N-Gain 0,71 (kategori tinggi). Uji t menghasilkan signifikansi 0,001 (<0,05) dan effect size 0,701 (kategori sedang), menunjukkan perbedaan signifikan antar kelas. Angket respon peserta didik memperoleh rata-rata 81% (sangat baik). Disimpulkan bahwa model CPS berbantu Piktochart berpengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative Problem Solving; Ekosistem; Keterampilan Berpikir Kritis; Piktochart |
Subjects: | Education, Research Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Umbara Nur Ridla |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 03:00 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 03:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |