Penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang bunyi

Maryati, Ai Teti (2025) Penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Dajti Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_SK BEBAS PLAGIARISME.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_BAB I.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi Gelombang Bunyi di SMA Bina Dharma 2 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan model TAPPS dan kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model TAPPS memperoleh rata-rata persentase sebesar 82% yang tergolong efektif, sedangkan model PBL memperoleh rata-rata keterlaksanaan sebesar 97% dengan kategori sangat baik. Analisis peningkatan keterampilan pemecahan masalah menggunakan N-Gain menunjukkan hasil rata-rata sebesar 0,70 (kategori tinggi) pada kelas eksperimen dan 0,59 (kategori sedang) pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U-Test memperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Model TAPPS terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah melalui kegiatan berpikir terbuka dan diskusi berpasangan, sedangkan model PBL juga memberikan dampak positif terhadap keaktifan dan kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Thinking Aloud Pair Problem Solving; Keterampilan Pemecahan Masalah; AABTLT with SAS
Subjects: Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ai Teti Maryati
Date Deposited: 17 Oct 2025 02:21
Last Modified: 17 Oct 2025 02:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123172

Actions (login required)

View Item View Item