Malik, Abdurahman (2025) Penerapan metode pembelajaran World Cafe untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen pada peserta didik kelas VII SMPN 72 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
3_Skbebasplagiarism.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (449kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (915kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PAIBP di kelas VII SMPN 72 Kota Bandung. hal itu dibuktikan dengan peserta didik kesulitan dalam menganalisis informasi,peserta didik lebih fokus hafalan dibandingkan dengan pemahaman makna, kurangnya inisiatif bertanya atau menanggapi pendapat orang lain, dan peserta didik tidak diri. Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dikarenakan metode pembelajaran yang kurang tepat, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu metode pembelajaran World Café. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan Metode Pembelajaran World Café pada Mata Pelajaran PAIBP di Kelas VII SMPN 72 Kota Bandung, 2) Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAIBP di Kelas VII SMPN 72 Kota Bandung, 3) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran World Café Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAIBP di Kelas VII SMPN 72 Kota Bandung. Metode pembelajaran World Café adalah cara menggali gagasan dari banyak orang tentang sesuatu dengan memecahnya kedalam pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab secara berkelompok. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah Penerapan metode pembelajaran World Café diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PAIBP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control grup design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: observasi, wawancara, tes, dan studi dokumen. Adapun teknik analisis data melalui: analisis data awal, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji normal gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran World café terlaksana dengan sangat baik. Tingkat keterlaksanaan pada pertemuan pertama mencapai 71,4%, kemudian meningkat pada pertemuan kedua menjadi 100% hal ini menunjukan peningkatan yan g signifikan dibandingkan pertemuan sebelumnya. 2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan metode pembelajaran World Café menunjukan nilai rata-rata 82,86, meningkat dari sebelum penerapan sebesar 56,8. Nilai N-Gain sebesar 0,6 termasuk kategori sedang. 3) Metode pembelajaran World Café memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, hasil uji hipotesis dengan nilai signifikansi 0,001 (<0,05) menunjukan hipotesis diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran World Café tersebut secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PAIBP di kelas VII SMPN 72 Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Kemampuan berpikir kritis; Metode pembelajaran World Cafe |
Subjects: | Islam Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Abdurahman Malik |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 02:20 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 02:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |