Inovasi pelayanan publik melalui aplikasi PosAja! sebagai upaya menjaga eksistensi dan daya saing pada kantor Pos Cabang Ujung Berung Kota Bandung

Mayra, Zahra Visvapuspa (2025) Inovasi pelayanan publik melalui aplikasi PosAja! sebagai upaya menjaga eksistensi dan daya saing pada kantor Pos Cabang Ujung Berung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
pernyataan skripsi (1).pdf

Download (383kB)
[img]
Preview
Text
4_Daftar Isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Bab I.pdf

Download (892kB) | Preview
[img] Text
6_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian menyoroti pentingnya inovasi dalam pelayanan publik di era digital yang merujuk pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik dan INPRES Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, dengan fokus pada Kantor Pos Cabang Ujung Berung Kota Bandung dan peluncuran aplikasi PosAja!. Konsep governance menekankan pengelolaan sumber daya untuk pembangunan, sekaligus menjadi kunci dalam menghadapi tantangan globalisasi. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 menegaskan pentingnya pelayanan yang berkualitas, namun kepatuhan terhadap standar pelayanan publik masih rendah maka, inovasi seperti aplikasi PosAja! diharap mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan, terkhusus di bidang jasa kurir. Penelitian bertujuan mengeksplorasi dan mendeskripsikan karakteristik yang dapat mempengaruhi keberhasilan inovasi bersandar pada tingkat adopsi oleh individu dan/atau kelompok tertentu sebagai adopter, yakni (M.Rogers, 2003) relative advantage atau keuntungan relatif, compatibility atau kesesuaian, complexity atau kerumitan, trialability atau kemungkinan dicoba, dan observability atau kemudahan diamati dalam keberhasilan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi PosAja! pada Kantor Pos Cabang Ujung Berung Kota Bandung sebagai upaya menjaga eksistensi dan daya saing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer penelitian diperoleh dari wawancara dan observasi, sedangkan sumber data sekunder penelitian diperoleh dari studi literatur, dokumen, dan arsip. Analisis data penelitian dilakukan dengan 3 tahap, yakni (Sugiyono, 2017) reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menguraikan hasil inovasi layanan publik melalui aplikasi PosAja! untuk mempertahankan eksistensi dan daya saing Kantor Pos Cabang Ujung Berung di Kota Bandung. Transformasi digital melalui aplikasi PosAja! berpotensi meningkatkan daya saing dengan menawarkan keunggulan relatif dan kesesuaian dengan kebutuhan masyarakat modern. Meskipun menghadapi tantangan awal, komitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dan dukungan pelanggan telah menciptakan kepuasan. Namun, kurangnya uji publik menghambat brand awareness. Kantor Pos Cabang Ujung Berung perlu melakukan pendekatan proaktif melalui kreativitas dalam pemasaran digital, pengembangan layanan, dan evaluasi rutin untuk menjaga efektivitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: aplikasi PosAja!; e-government; inovasi pelayanan publik
Subjects: Socialism and Related Systems
Public Administration
Public Administration > Research, Related Topics
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Zahra Visvapuspa Mayra
Date Deposited: 14 Oct 2025 07:06
Last Modified: 15 Oct 2025 03:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123235

Actions (login required)

View Item View Item