Hubungan antara aktivitas anak pada pendekatan STEAM dengan Kemampuan kolaborasi anak usia dini : Penelitian di Kelompok B RA Assalafush Shalihun Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut

Sabrina, Melisa (2025) Hubungan antara aktivitas anak pada pendekatan STEAM dengan Kemampuan kolaborasi anak usia dini : Penelitian di Kelompok B RA Assalafush Shalihun Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_bab2.pdf

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_bab3.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_bab4.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_bab5.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10_daftarpustaka.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di Kelompok B RA Assalafush Shalihun Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut, diketahui sebagian besar anak terlibat aktif dalam pembelajaran dengan pendekatan STEAM, terlihat dari anak yang semangat mengikuti setiap kegiatan dan memberikan idenya. Namun, kemampuan kolaborasi sebagian anak belum berkembang secara optimal, terlihat dari anak yang tidak terlibat dalam kegiatan kelompok, tidak bersedia membantu teman dan tidak menyelesaikan tugasnya dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas anak pada pendekatan STEAM di Kelompok B RA Assalafush Shalihun Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut; (2) Kemampuan kolaborasi anak usia dini di Kelompok B RA Assalafush Shalihun Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut; dan (3) Hubungan antara aktivitas Anak pada pendekatan STEAM dengan kemampuan kolaborasi anak usia dini di Kelompok B RA Assalafush Shalihun Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut. Pendekatan STEAM adalah pembelajaran yang memadukan Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika untuk melatih anak agar memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Pendekatan STEAM secara alami merangsang kemampuan anak dalam bekerja sama dan berkomunikasi karena biasanya aktivitas dilakukan secara kelompok, sehingga penting untuk terus mengasah kemampuan kolaborasi anak melalui berbagai kegiatan interaksi sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan responden sebanyak 14 anak di Kelompok B RA Assalafush Shalihun Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak di Kelompok B RA Assalafush Shalihun Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut karena subjek dalam penelitian kurang dari 100 maka diambil seluruhnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Hasil analisis data didapatkan bahwa aktivitas anak pada pendekatan STEAM memperoleh rata-rata nilai 79 nilai tersebut termasuk ke dalam interval 70-79 yang diinterpretasikan baik. Sementara itu, kemampuan kolaborasi anak usia dini memperoleh nilai rata-rata 76 yang termasuk ke dalam interval 70-79 yang diinterpretasikan baik. Kemudian hasil uji koefisien korelasi diperoleh nilai sebesar 0,86, yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Sementara itu pada uji signifikansi korelasi juga menegaskan bahwa terdapat hubungan yang signifikan, karena nilai thitung sebesar 5,83 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,179. Karena itu, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Selain itu, aktivitas anak pada pendekatan STEAM memberikan kontribusi sebesar 73,48% terhadap kemampuan kolaborasi anak usia dini, yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi. Sisanya, 26,52%, dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Anak pada Pendekatan STEAM; Kemampuan Kolaborasi;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: melisa sabrina
Date Deposited: 04 Nov 2025 07:39
Last Modified: 10 Nov 2025 02:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/124394

Actions (login required)

View Item View Item