Putri, Rheina Helmalianty (2025) Penerapan pembelajaran menggunakan Visual Interaktif Sweetieland untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada konsep metabolisme karbohidrat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran menggunakan media visual interaktif Sweetieland dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada konsep metabolisme karbohidrat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pre experiment dengan desain One-grup Pretest-Posttest. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas mahasiswa, lembar kerja mahasiswa, dan soal pretest dan posttest. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 6 program studi pendidikan kimia yang mengikuti perkuliahan Biokimia. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa setelah diterapkan pembelajaran berbantuan Sweetieland, dengan skor rata-rata meningkat dari 53,22 pada pretest menjadi 77,61 pada posttest (p < 0,001). Nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,64 termasuk kategori sedang, dengan rincian peningkatan pada setiap jenjang kognitif: analisis (C4) = 0,4742, evaluasi (C5) = 0,4842, dan kreasi (C6) = 0,4647. Rekapitulasi hasil LKM juga menunjukkan capaian yang sangat baik dengan rata-rata keseluruhan 87, serta rekapitulasi obaservasi aktivitas mahasiswa tergolong sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 83,35%, menandakan bahwa mahasiswa mampu bekerja sama dan memecahkan permasalahan dengan efektif. Pembelajaran dengan visual interaktif Sweetieland efektif meningkatkan HOTS mahasiswa pada konsep metabolisme karbohidrat. Aktivitas dan capaian LKM tergolong sangat baik, sedangkan hasil pretest–posttest menunjukkan peningkatan signifikan dengan N-Gain kategori sedang di level analisis, evaluasi, dan kreasi.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Biokimia; Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Metabolisme Karbohidrat; Pembelajaran Interaktif; Sweetieland |
| Subjects: | Education Biochemistry Biochemistry > Metabolism |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Rheina Helmalianty Putri |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 03:02 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 03:02 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



