Karimah, Nisa Riyadlotul (2025) Penerapan E-module berbasis PBL pada materi pengolahan limbah plastik untuk mengembangkan Transferable Skill mahasiswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak (1).pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
5_Bab1.pdf Download (753kB) | Preview |
|
|
Text
6_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (946kB) | Request a copy |
||
|
Text
7_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) | Request a copy |
||
|
Text
8_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
9_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
||
|
Text
10_daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
||
|
Text
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mahasiswa pada proses penerapan e-module berbasis PBL, mengembangkan transferable skill mahasiswa serta menganalisis kemampuan transferable skill mahasiswa setelah menerapkan emodule berbasis PBL pada materi pengolahan limbah plastik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Shot Case Study Subjek uji coba terbatas adalah 15 mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, angket respon mahasiswa, serta tes untuk mengukur skill bekerja saama, sikap disiplin, sikap tanggung jawab, dan skill komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli materi dan media dengan kategori “sangat layak dan adapun aktivitas dan respon mahasiswa terhadap e-modul berada pada kategori “sangat baik”. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan pada transferable skill mahasiswa, terutama dalam aspek skill bekerja saama, sikap disiplin, sikap tanggung jawab, dan skill komunikasi. Setelah diterapkan e-modul demgan di tandai dengan hasil uji parametrik di dapat nilai df signifikan ialah 9 dan mean keseluruhan siswa di capai dengan total 4,91 . Dengan demikian, e-module berbasis PBL pada materi pengolahan limbah plastik ini efektif digunakan untuk mengembangkan transferable skill mahasiswa dan dapat menjadi alternatif bahan ajar inovatif pada perkuliahan
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | e-module; limbah plastik; Problem Based Learning; transferable skill |
| Subjects: | Chemistry and Allied Science > Philosophy of Chemistry Ecology > Environmental Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | nisa nisa nisa |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 04:11 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 04:11 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



