Penerapan E-module berbasis PBL pada materi pengolahan limbah plastik untuk mengembangkan Transferable Skill mahasiswa

Karimah, Nisa Riyadlotul (2025) Penerapan E-module berbasis PBL pada materi pengolahan limbah plastik untuk mengembangkan Transferable Skill mahasiswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak (1).pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Bab1.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
6_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mahasiswa pada proses penerapan e-module berbasis PBL, mengembangkan transferable skill mahasiswa serta menganalisis kemampuan transferable skill mahasiswa setelah menerapkan emodule berbasis PBL pada materi pengolahan limbah plastik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Shot Case Study Subjek uji coba terbatas adalah 15 mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, angket respon mahasiswa, serta tes untuk mengukur skill bekerja saama, sikap disiplin, sikap tanggung jawab, dan skill komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli materi dan media dengan kategori “sangat layak dan adapun aktivitas dan respon mahasiswa terhadap e-modul berada pada kategori “sangat baik”. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan pada transferable skill mahasiswa, terutama dalam aspek skill bekerja saama, sikap disiplin, sikap tanggung jawab, dan skill komunikasi. Setelah diterapkan e-modul demgan di tandai dengan hasil uji parametrik di dapat nilai df signifikan ialah 9 dan mean keseluruhan siswa di capai dengan total 4,91 . Dengan demikian, e-module berbasis PBL pada materi pengolahan limbah plastik ini efektif digunakan untuk mengembangkan transferable skill mahasiswa dan dapat menjadi alternatif bahan ajar inovatif pada perkuliahan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-module; limbah plastik; Problem Based Learning; transferable skill
Subjects: Chemistry and Allied Science > Philosophy of Chemistry
Ecology > Environmental Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: nisa nisa nisa
Date Deposited: 11 Nov 2025 04:11
Last Modified: 11 Nov 2025 04:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125355

Actions (login required)

View Item View Item