Penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada fenomena hujan asam untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa

Paramita, Aprilia Indah (2025) Penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada fenomena hujan asam untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-bab1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Menjaga lingkungan merupakan bagian dari tanggung jawab moral dan spiritual seorang muslim. Literasi lingkungan dalam Islam menyangkut dimensi akhlak dan ibadah manusia. Dalam pembelajaran kimia, literasi lingkungan dapat diintegrasikan melalui topik hujan asam yang masuk dalam materi reaksi asam basa, hujan asam relevan dengan kehidupan sehari-hari yang masih menjadi masalah yang harus ditindaklanjuti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran Predict Observe And Explain (POE) dan menganalisis peningkatan literasi lingkungan siswa pada fenomena hujan asam setelah penerapan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design dengan subjek sebanyak 17 siswa. Aspek pengetahuan dan keterampilan kognitif diukur melalui soal pilihan ganda, sedangkan sikap dan perilaku dianalisis menggunakan kuesioner. Aktivitas siswa dianalisis dari lembar observasi dan lembar kerja peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa pembelajaran dapat meningkatkan literasi lingkungan siswa secara signifikan. Pada aspek pengetahuan, kelompok sedang mengalami peningkatan tertinggi. Pada aspek keterampilan kognitif, kelompok rendah mengalami peningkatan tertinggi. Pada aspek sikap, kelompok rendah mengalami peningkatan tertinggi. Dan pada aspek perilaku, kelompok tinggi mengalami peningkatan tertinggi. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Predict Observe and Explain (POE) pada fenomena hujan asam dapat meningkatkan literasi lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fenomena Hujan Asam; Literasi Lingkungan; Model Pembelajaran Predict Observe and Explain (POE)
Subjects: Education, Research
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Aprilia Indah Paramita
Date Deposited: 18 Nov 2025 06:18
Last Modified: 18 Nov 2025 06:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125509

Actions (login required)

View Item View Item