Retorika konten kreator Alfatahar dalam Reels Video di media Instagram @alfatahar_

Ashrial, Mohammad (2025) Retorika konten kreator Alfatahar dalam Reels Video di media Instagram @alfatahar_. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
Lulus Plagiasi Ashrial (1).pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)

Abstract

INDONESIA: Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam praktik dakwah Islam, khususnya melalui media sosial seperti Instagram. Fitur reels memungkinkan penyampaian pesan keagamaan dalam format video pendek yang ringkas, visual, dan menarik, sehingga efektif menjangkau generasi muda. Salah satu pendakwah yang memanfaatkan potensi ini adalah Muhammad Sahar Ramadhan melalui akun Instagram @alfatahar_. Gaya dakwah yang ia tampilkan cenderung komunikatif, kontekstual, dan menyentuh aspek emosional serta spiritual audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik Retorika yang digunakan oleh Muhammad Sahar Ramadhan berdasarkan teori retorika klasik Aristoteles, yang mencakup tiga unsur utama: Ethos (kredibilitas), Pathos (emosi), dan Logos (nalar logis). Selain itu, penelitian ini juga mengkaji respons audiens terhadap konten dakwah yang disajikan dalam format Reels. ENGLISH: Teori retorika Aristoteles menjadi kerangka dasar untuk melihat bagaimana strategi komunikasi dakwah yang menekankan pentingnya kredibilitas pembicara (Ethos), daya tarik emosional (Pathos), dan argumentasi logis (Logos) dalam proses persuasi. Ketiga unsur ini dianalisis dalam konteks media dakwah digital. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi terhadap 10 video Reels yang diunggah antara bulan Mei hingga Juli 2025. Analisis dilakukan dengan mengkategorikan serta menginterpretasi isi konten berdasarkan ketiga unsur retorika tersebut, dan menelaah isi pesan dari konten reels tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Muhammad Sahar Ramadhan berhasil memadukan unsur Ethos, Pathos, dan Logos secara efektif dalam menyampaikan pesan dakwah. Respons audiens pun menunjukkan keterlibatan emosional dan spiritual yang kuat, dibuktikan dengan like serta komentar yang positif dan interaktif. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi retoris yang tepat dalam Reels Instagram dapat menjadi sarana dakwah digital yang efektif dan relevan dengan kebutuhan audiens masa kini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: tidak ada lampiran
Uncontrolled Keywords: retorika; konten kreator; Alfatahar; reels video; media instagram
Subjects: General Bibliographies > Bibliographies by Specific Content
Rhetoricand Collections of Literary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mohammad Ashrial
Date Deposited: 20 Nov 2025 03:53
Last Modified: 20 Nov 2025 04:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125726

Actions (login required)

View Item View Item