Penerapan model pembelajaran PjBL pada pembelajaran Insya 'Araby untuk mengingkatkan keterampilan menulis bahasa Arab: Penelitian kuasi eksperimen di Pesantren Darussalam Subang

Sopiah, Epon (2025) Penerapan model pembelajaran PjBL pada pembelajaran Insya 'Araby untuk mengingkatkan keterampilan menulis bahasa Arab: Penelitian kuasi eksperimen di Pesantren Darussalam Subang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pentingnya penguasaan keterampilan menulis dalam bahasa Arab, khususnya dalam konteks pendidikan Islam di Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang Subang. Fakta menunjukkan bahwa para siswa menghadapi tantangan dalam mengekspresikan ide secara tertulis dalam bahasa Arab sesuai dengan kaidah nahwu, sharaf, dan kosa kata. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL), yang diyakini dapat meningkatkan partisipasi aktif dan kompetensi siswa melalui kegiatan yang kontekstual dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: 1. Kondisi pembelajaran insya’ (karangan) bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan menulis di Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang Subang sebelum penerapan model pembelajaran berbasis proyek. 2.Kondisi pembelajaran insya’ bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan menulis di Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang Subang setelah penerapan model pembelajaran berbasis proyek. 3.Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dalam pengajaran insya’ bahasa Arab terhadap pengembangan keterampilan menulis di Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang Subang. Peneliti menggunakan metode quasi-experimental (desain eksperimen semu) dengan membagi sampel menjadi dua kelompok: kelas eksperimen yang menerima pembelajaran menggunakan model PjBL, dan kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning. Penelitian dilakukan melalui tahapan pre-test, penerapan model pembelajaran, dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data dari kedua kelompok berdistribusi normal. Namun, uji homogenitas (Levene’s Test) menunjukkan adanya perbedaan varians, sehingga diperlukan penggunaan uji Mann–Whitney U untuk menganalisis perbedaan tersebut. Temuan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik antara kedua kelompok, dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 71,16 dibandingkan 64,48 pada kelas kontrol, dengan nilai signifikansi Sig. = 0,000 (< 0.05). Adapun skor N-Gain kelas eksperimen adalah 0,25 dan kelas kontrol 0,07. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa serta membuat proses pembelajaran lebih efektif dan interaktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model PjBL; Mahharotul Kitabah; Pembelajaran Insya 'Araby
Subjects: Language
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Epon Sopiah
Date Deposited: 20 Nov 2025 07:20
Last Modified: 20 Nov 2025 07:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125727

Actions (login required)

View Item View Item