Dewi, Agnatasya Permata (2025) Implementasi sikap tawakal terhadap kondisi stres kerja pada guru Sekolah Luar Biasa : Studi deskriptif pada guru SD di SLB Negeri Cicendo Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
Keterangan Bebas Plagiarisme (1).pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Guru SLB memiliki tantangan tersendiri dalam melaksanakan tugasnya, terutama karena harus menangani anak-anak berkebutuhan khusus dengan berbagai karakteristik, sehingga seringkali memunculkan tekanan psikologis dan kelelahan fisik. Dalam kondisi seperti ini, sikap tawakal menjadi salah satu bentuk kekuatan spiritual yang dapat membantu guru mengelola stres. Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) memiliki tanggung jawab besar dalam menangani anak-anak berkebutuhan khusus yang memerlukan pendekatan khusus baik secara pedagogis, emosional, maupun spiritual. Dalam proses pembelajaran, para guru kerap menghadapi tekanan kerja yang berat, terutama dalam hal adaptasi materi, komunikasi dengan siswa, serta tuntutan administratif yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stres kerja yang dialami oleh guru Sekolah Luar Biasa (SLB), menggambarkan sikap tawakal yang dimiliki guru, serta menganalisis bagaimana implementasi sikap tawakal dapat menurunkan stres kerja pada guru di SLB Negeri Cicendo Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari empat guru SD di SLB Negeri Cicendo Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru mengalami stres kerja yang bersumber dari tuntutan tugas yang kompleks, keterbatasan waktu, serta ekspektasi terhadap perkembangan siswa. Namun, para guru mampu menghadapi stres tersebut dengan mengamalkan sikap tawakal, seperti menyerahkan hasil usaha kepada Allah, memperkuat ibadah, serta memaknai pekerjaan sebagai bentuk ibadah dan amanah. Implementasi sikap tawakal memberikan dampak positif terhadap kondisi stres kerja guru. Tawakal membantu guru dalam menumbuhkan ketenangan batin, mengurangi kecemasan berlebihan, meningkatkan keikhlasan dalam bekerja, serta memperkuat motivasi spiritual. Dengan demikian, sikap tawakal menjadi mekanisme psikospiritual yang efektif dalam menghadapi tekanan kerja, khususnya di lingkungan SLB yang menuntut kesabaran dan keteguhan hati.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Sikap Tawakal; Stres Kerja; Guru SLB |
| Subjects: | Psychology Islam > Sufi Orders Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
| Depositing User: | Agnatasya Permata Dewi |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:51 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 03:57 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125776 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



