Implementasi sikap tawakal terhadap kondisi stres kerja pada guru Sekolah Luar Biasa : Studi deskriptif pada guru SD di SLB Negeri Cicendo Bandung

Dewi, Agnatasya Permata (2025) Implementasi sikap tawakal terhadap kondisi stres kerja pada guru Sekolah Luar Biasa : Studi deskriptif pada guru SD di SLB Negeri Cicendo Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
Keterangan Bebas Plagiarisme (1).pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Guru SLB memiliki tantangan tersendiri dalam melaksanakan tugasnya, terutama karena harus menangani anak-anak berkebutuhan khusus dengan berbagai karakteristik, sehingga seringkali memunculkan tekanan psikologis dan kelelahan fisik. Dalam kondisi seperti ini, sikap tawakal menjadi salah satu bentuk kekuatan spiritual yang dapat membantu guru mengelola stres. Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) memiliki tanggung jawab besar dalam menangani anak-anak berkebutuhan khusus yang memerlukan pendekatan khusus baik secara pedagogis, emosional, maupun spiritual. Dalam proses pembelajaran, para guru kerap menghadapi tekanan kerja yang berat, terutama dalam hal adaptasi materi, komunikasi dengan siswa, serta tuntutan administratif yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stres kerja yang dialami oleh guru Sekolah Luar Biasa (SLB), menggambarkan sikap tawakal yang dimiliki guru, serta menganalisis bagaimana implementasi sikap tawakal dapat menurunkan stres kerja pada guru di SLB Negeri Cicendo Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari empat guru SD di SLB Negeri Cicendo Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru mengalami stres kerja yang bersumber dari tuntutan tugas yang kompleks, keterbatasan waktu, serta ekspektasi terhadap perkembangan siswa. Namun, para guru mampu menghadapi stres tersebut dengan mengamalkan sikap tawakal, seperti menyerahkan hasil usaha kepada Allah, memperkuat ibadah, serta memaknai pekerjaan sebagai bentuk ibadah dan amanah. Implementasi sikap tawakal memberikan dampak positif terhadap kondisi stres kerja guru. Tawakal membantu guru dalam menumbuhkan ketenangan batin, mengurangi kecemasan berlebihan, meningkatkan keikhlasan dalam bekerja, serta memperkuat motivasi spiritual. Dengan demikian, sikap tawakal menjadi mekanisme psikospiritual yang efektif dalam menghadapi tekanan kerja, khususnya di lingkungan SLB yang menuntut kesabaran dan keteguhan hati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sikap Tawakal; Stres Kerja; Guru SLB
Subjects: Psychology
Islam > Sufi Orders
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Agnatasya Permata Dewi
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:51
Last Modified: 24 Nov 2025 03:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125776

Actions (login required)

View Item View Item