Rahmawati, Lia (2025) Penerapan model pembelajaran ASSURE berbantuan aplikasi Educaplay untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-Efficacy siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM .pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (789kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang sudah dilakukan pada salah satu SMP di kota Bandung menunjukkan bahwa masih perlu ditingkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Tujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran ASSURE berbantuan aplikasi Educaplay, (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penerapan model ASSURE berbantuan aplikasi Educaplay, (3) untuk mengetahui self-efficacy siswa yang menggunakan model pembelajaran ASSURE berbantuan aplikasi Educaplay. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Non Equivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII sebanyak empat kelas. Sampel diperoleh dari teknik simple random sampling dan diambil sebanyak dua kelas. Instrumen penelitian ini yaitu instrumen tes dengan validitas tinggi dan reliabilitas tinggi, serta instrumen non tes yaitu skala sikap self-efficacy yang sudah divalidasi. Teknik analisis data dengan uji t’(aksen), sedangkan self-efficacy dianalisis melalui angket self-efficacy. Hasil penelittian membuktikan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran ASSURE berbantuan aplikasi Educaplay lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. self-efficacy kelas model ASSURE berbantuan aplikasi Educaplay tergolong cukup tinggi. Dari penelitian yang telah dilakukan, siswa memperoleh penguatan dalam proses berpikir kritis matematis dan keyakinan diri terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam menyelesaikan tugas-tugas matematika.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | model ASSURE; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa; Self Efficacy; Educaplay |
| Subjects: | Applied mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | lia rahmawati |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 07:37 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 07:37 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



