Penerapan model pembelajaran ASSURE berbantuan aplikasi Educaplay untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-Efficacy siswa

Rahmawati, Lia (2025) Penerapan model pembelajaran ASSURE berbantuan aplikasi Educaplay untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-Efficacy siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM .pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (789kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang sudah dilakukan pada salah satu SMP di kota Bandung menunjukkan bahwa masih perlu ditingkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Tujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran ASSURE berbantuan aplikasi Educaplay, (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penerapan model ASSURE berbantuan aplikasi Educaplay, (3) untuk mengetahui self-efficacy siswa yang menggunakan model pembelajaran ASSURE berbantuan aplikasi Educaplay. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Non Equivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII sebanyak empat kelas. Sampel diperoleh dari teknik simple random sampling dan diambil sebanyak dua kelas. Instrumen penelitian ini yaitu instrumen tes dengan validitas tinggi dan reliabilitas tinggi, serta instrumen non tes yaitu skala sikap self-efficacy yang sudah divalidasi. Teknik analisis data dengan uji t’(aksen), sedangkan self-efficacy dianalisis melalui angket self-efficacy. Hasil penelittian membuktikan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran ASSURE berbantuan aplikasi Educaplay lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. self-efficacy kelas model ASSURE berbantuan aplikasi Educaplay tergolong cukup tinggi. Dari penelitian yang telah dilakukan, siswa memperoleh penguatan dalam proses berpikir kritis matematis dan keyakinan diri terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam menyelesaikan tugas-tugas matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model ASSURE; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa; Self Efficacy; Educaplay
Subjects: Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: lia rahmawati
Date Deposited: 12 Dec 2025 07:37
Last Modified: 12 Dec 2025 07:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126584

Actions (login required)

View Item View Item