Azizah, Alya Nur (2025) Pembelajaran berbasis Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan tingkat Self Anxiety pada siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARSM)
3_skbebasplagiarsm.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode MBSR dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis sekaligus melihat tingkat kecemasan matematika siswa kelas VIII pada materi Relasi dan Fungsi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi dengan membandingkan kelas eksperimen (MBSR) dan kelas kontrol (konvensional). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis (Pretest dan Posttest) dan angket self anxiety matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode MBSR belum terbukti efektif secara signifikan. Pada kelas eksperimen tidak menunjukkan adanya peningkatan (N-Gain) maupun pencapaian dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tetapi dalam proses pembelajaran MBSR diperoleh dari hasil aktivitas guru mencapai rata-rata 91,9% dan aktivitas siswa mencapai rata-rata 78,76%. Selain itu, terdapat peningkatan self anxiety matematis siswa sebelum pembelajaran MBSR dan sesudah pembelajaran MBSR. Sehingga hasil ini mengindikasikan bahwa MBSR masih memerlukan adaptasi lebih lanjut agar fokusnya dapat diberikan secara efektif untuk mendukung proses kognitif pemecahan masalah matematis
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MBSR; Pemecahan Masalah; Self Anxiety |
| Subjects: | Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Alya Nur Azizah |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 07:14 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 07:14 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126625 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



