Pembelajaran berbasis Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan tingkat Self Anxiety pada siswa

Azizah, Alya Nur (2025) Pembelajaran berbasis Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan tingkat Self Anxiety pada siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARSM)
3_skbebasplagiarsm.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode MBSR dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis sekaligus melihat tingkat kecemasan matematika siswa kelas VIII pada materi Relasi dan Fungsi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi dengan membandingkan kelas eksperimen (MBSR) dan kelas kontrol (konvensional). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis (Pretest dan Posttest) dan angket self anxiety matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode MBSR belum terbukti efektif secara signifikan. Pada kelas eksperimen tidak menunjukkan adanya peningkatan (N-Gain) maupun pencapaian dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tetapi dalam proses pembelajaran MBSR diperoleh dari hasil aktivitas guru mencapai rata-rata 91,9% dan aktivitas siswa mencapai rata-rata 78,76%. Selain itu, terdapat peningkatan self anxiety matematis siswa sebelum pembelajaran MBSR dan sesudah pembelajaran MBSR. Sehingga hasil ini mengindikasikan bahwa MBSR masih memerlukan adaptasi lebih lanjut agar fokusnya dapat diberikan secara efektif untuk mendukung proses kognitif pemecahan masalah matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: MBSR; Pemecahan Masalah; Self Anxiety
Subjects: Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Alya Nur Azizah
Date Deposited: 12 Dec 2025 07:14
Last Modified: 12 Dec 2025 07:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126625

Actions (login required)

View Item View Item