Aliyah, Liqa Nur (2025) Penerapan model pembelajaran Gallery Walk untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME .pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis dan self confidence merupakan aspek penting yang perlu dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya, siswa di sekolah masih mengalami kesulitan dalam mengomunikasikan ide matematis serta memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah ketika menghadapi permasalahan matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa melalui penerapan model pembelajaran Gallery Walk. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Cileunyi dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII-K sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-I sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan model pembelajaran Gallery Walk berada pada kategori sangat baik pada setiap pertemuan; (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Gallery Walk lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol; dan (4) self confidence siswa menunjukkan peningkatan positif setelah mengikuti pembelajaran dengan model Gallery Walk. Dengan demikian, model pembelajaran Gallery Walk dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri siswa.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis; Gallery Walk; Self Confidance |
| Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Liqa Nur |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 01:56 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 01:56 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



