Penerapan model pembelajaran Gallery Walk untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa

Aliyah, Liqa Nur (2025) Penerapan model pembelajaran Gallery Walk untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME .pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dan self confidence merupakan aspek penting yang perlu dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya, siswa di sekolah masih mengalami kesulitan dalam mengomunikasikan ide matematis serta memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah ketika menghadapi permasalahan matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa melalui penerapan model pembelajaran Gallery Walk. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Cileunyi dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII-K sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-I sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan model pembelajaran Gallery Walk berada pada kategori sangat baik pada setiap pertemuan; (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Gallery Walk lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol; dan (4) self confidence siswa menunjukkan peningkatan positif setelah mengikuti pembelajaran dengan model Gallery Walk. Dengan demikian, model pembelajaran Gallery Walk dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis; Gallery Walk; Self Confidance
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Liqa Nur
Date Deposited: 15 Dec 2025 01:56
Last Modified: 15 Dec 2025 01:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126644

Actions (login required)

View Item View Item