Pembelajaran Elicit, Confront, Identify, Resolve and Reinforce berbantuan aplikasi Symbolab untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self curiosity siswa

Maulida, Mutiara (2025) Pembelajaran Elicit, Confront, Identify, Resolve and Reinforce berbantuan aplikasi Symbolab untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self curiosity siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_sk bebas plagiarism.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kompetensi penting bagi siswa, namun hasil studi awal menunjukkan kemampuan ini masih rendah. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui penerapan model pembelajaran menggunakan model pembelajaran Elicit, Confront, Identify, Resolve, dan Reinforce berbantuan aplikasi Symbolab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan pembelajaran serta peningkatan curiosity siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group Design, melibatkan tiga kelas VIII sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan berdasarkan model pembelajaran. Selain itu, curiosity siswa meningkat secara signifikan di kedua kelas eksperimen. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan ECIRR dengan bantuan Symbolab dapat menjadi strategi efektif untuk menciptakan pembelajaran interaktif dan memperkuat pemahaman konsep matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman Konsep matematis; symbolab; curiosity; Elicit; Confront; Identify; Resolve; and Reinforce
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Maulida
Date Deposited: 15 Dec 2025 07:58
Last Modified: 15 Dec 2025 07:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126735

Actions (login required)

View Item View Item