Maulida, Mutiara (2025) Pembelajaran Elicit, Confront, Identify, Resolve and Reinforce berbantuan aplikasi Symbolab untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self curiosity siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_sk bebas plagiarism.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
|
Text (BAB III)
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB V)
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kompetensi penting bagi siswa, namun hasil studi awal menunjukkan kemampuan ini masih rendah. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui penerapan model pembelajaran menggunakan model pembelajaran Elicit, Confront, Identify, Resolve, dan Reinforce berbantuan aplikasi Symbolab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan pembelajaran serta peningkatan curiosity siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group Design, melibatkan tiga kelas VIII sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan berdasarkan model pembelajaran. Selain itu, curiosity siswa meningkat secara signifikan di kedua kelas eksperimen. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan ECIRR dengan bantuan Symbolab dapat menjadi strategi efektif untuk menciptakan pembelajaran interaktif dan memperkuat pemahaman konsep matematika.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kemampuan pemahaman Konsep matematis; symbolab; curiosity; Elicit; Confront; Identify; Resolve; and Reinforce |
| Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mutiara Maulida |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 07:58 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 07:58 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



