Ruswandi, Agus (2025) Model pengembangan kurikulum merdeka pada mata pelajaran pai dan budi pekerti berbasis kearifan lokal:penelitian pada sma negeri di provinsi Jawa Barat. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text (SK PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarisme.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar Isi.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (919kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia : Latar belakang penelitian ini didasarkan pada problematika dualisme antara nilai-nilai ajaran Islam dan praktik beragama masyarakat yang sudah jadi budaya, yang menimbulkan polarisasi sosial, dan perdebatan dalam masyarakat. Selain itu, perlunya kontekstualisasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti SMA yang akomodatif terhadap praktik beragama di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan model Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti berbasis kearifan lokal masyarakat Jawa Barat di tingkat SMA Negeri. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model kurikulum PAI dan Budi Pekert berbasis kearifan lokal Jawa Barat untuk jenjang SMA Negeri. Kerangka teori penelitian ini berpijak pada teori konstruktivisme Vygotsky yang menekankan pentingnya konteks sosial dan budaya dalam pembelajaran, pengambangan Kurikulum model Taba serta pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) yang memposisikan pengalaman lokal sebagai sumber belajar yang bermakna. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan melalui model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi terhadap proses pembelajaran, wawancara mendalam dengan guru PAI, studi dokumentasi terhadap kurikulum, modul ajar, dan bahan ajar dan uji coba pembelajaran untuk menilai efektivitas model yang dikembangkan. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dan untuk data kualitatif menggunakan kondensasi data, display data dan verifikasi. Penelitian ini dilaksanakan pada lima SMA Negeri di Provinsi Jawa Barat melalui teknik multistage random sampling, yaitu SMAN 1 Surade, SMAN 24 Garut, SMAN 2 Kuningan, SMAN 1 Pusakanagara, dan SMAN 4 Bandung. Hasil analisis menunjukkan adanya kebutuhan yang tinggi dengan skor persepsi siswa 73,16% dan guru 74,96% terhadap integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran PAI. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai lokal seperti Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh, Sabilulungan, Sauyunan, Gotong Royong, dan berbagai praktik masyarakat, ke dalam konten, metode, dan asesmen pembelajaran yang relevan dengan capaian pembelajaran. Hasil implementasi menunjukkan bahwa 88,48% siswa memberikan respons positif terhadap uji coba pembelajaran berbasis kearifan lokal. Selain itu, capaian hasil belajar siswa pada enam Capaian Pembelajaran (CP) yang diuji menunjukkan rerata nilai yang baik, berkisar antara 75,08 hingga 84,21. Model kurikulum ini terbukti efektif dalam menjadikan pembelajaran PAI lebih kontekstual, relevan, dan bermakna, serta mendorong sikap moderat dan penghargaan terhadap budaya lokal tanpa mengurangi esensi ajaran Islam. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Kearifan Lokal, Pengembangan Kurikulum, R&D, Model ADDIE. vi English: The background of this study is based on the issue of dualism between the values of Islamic teachings and the religious practices that have become part of local culture, which has led to social polarization and debates within society. In addition, there is a need for contextualizing Islamic Education and Character Education (PAI and Budi Pekerti) learning in senior high schools so that it accommodates religious practices in the community. This study aims to design and develop an Independent Curriculum model for the subject of Islamic Religious Education and Character Education based on the local wisdom of West Java communities at the public senior high school level. The objective of this study is to produce a curriculum model of Islamic Religious Education and Character Education that integrates local wisdom values of West Java for public senior high schools. The theoretical framework of this study is grounded in Vygotsky’s constructivist theory, which emphasizes the importance of social and cultural contexts in learning. It also adopts Taba’s curriculum development model and the Contextual Teaching and Learning (CTL) approach, which positions local experience as a meaningful source of learning. This study employed the Research and Development (R&D) method using the ADDIE development model. Data were collected through questionnaires, classroom observations, in-depth interviews with Islamic Education teachers, documentation studies of the curriculum, teaching modules, and learning materials, as well as learning trials to evaluate the effectiveness of the developed model. Quantitative data were analyzed using descriptive statistics, while qualitative data were analyzed through data condensation, data display, and verification. The study was conducted in five public senior high schools in West Java Province using multistage random sampling: SMAN 1 Surade, SMAN 24 Garut, SMAN 2 Kuningan, SMAN 1 Pusakanagara, and SMAN 4 Bandung. The analysis results indicate a high level of need for integrating local wisdom into Islamic Education learning, with students’ perception scores reaching 73.16% and teachers’ perception scores reaching 74.96%. The curriculum development integrated local values such as Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh, Sabilulungan, Sauyunan, and Gotong Royong into the content, methods, and assessments relevant to the learning outcomes. The implementation results show that 88.48% of students responded positively to the trial learning based on local wisdom. Furthermore, students’ learning achievement across six assessed Learning Outcomes (CP) demonstrated good average scores ranging from 75.08 to 84.21. This curriculum model has proven effective in making Islamic Religious Education more contextual, relevant, and meaningful. It also promotes moderate attitudes and appreciation for local culture without diminishing the essence of Islamic teachings. Keywords: Independent Curriculum, Islamic Religious Education, Local Wisdom, Curriculum Development, Research and Development, ADDIE Model. . Arabic: المُلخَّ ص نَُم وُذَُ م جُ تَُُُطُ وي رُ اُُل مَُ ن هَُُ جُ اُُل دُرَُا سُى اُُل م مُ سُتَُ قُل فُ اُل مَُادَُة اُُل دُرَُاسَُ ةُ اُ لإ سلاَ ميَّ ةُ وَُُُا لَُ خُلاَُ قُ عَُُلَى أَُسَا سُُ ا ل كُمَُ ةُ اُل مَُحَُل يَُّ ةُ )ُبحث فُ اُلمدارس اُلثانوية اُلكومية جُاوى اُلغربية( سْلامِ وَالمُما ر ِ تقومُ خَلْفِيَّةُ هذا البَحْثِ على مُشْكَِِةِ الازدواجيَّةِ بينَ القِيََِ المُسْ تَمَدَّةِ مِنْ تَعالِيَِ الإ ساتِ ا د لِينِيَّةِ لى حُدُوثِ اِنْقِسامٍ اِجْتِماعِ د يٍ وَنِ ق ِ الَّتي أَصْبَحَتْ جُزْءًا مِنْ ثَقافَةِ المُجْتَمَعِ، مِمَّا أَدَّى ا لى جانِبِ ِ اشاتٍ داخِلَ المُجْتَمَعِ. وَا سْلامِيَّةِ وَالأَخْلاقِ فِِ المرَْحَلََِ الثَّانَوِي ِ لى تَكْيِيفِ تَعْلِيَِ مادَّةِ التََّّْبِيَةِ الإ ِ ذلك، هُناكَ حاجَةٌ ا ةِ العُلْيا حَ د تّ تَكُونَ مُنْسَجِمَةً مَعَ المُمارَساتِ ا د لِينِيَّةِ المحََلِديَّةِ . سْلامِ ِ لى تَصْمِيَِ وَتَطْوِيرِ نَموذَجٍ لِ"الْمَنَْْجِ الْمُسْ تَقِ دِ ل" فِِ مادَّةِ التََّّْبِيَةِ الإ ِ يََْدِفُ هذا البَحْثُ ا يَّةِ وَالأَخْلاقِ قائٍِِ عَلَى الحِكَْْةِ المحََلِديَّةِ لِمُجْتَمَعِ جاوَةَ الغَرْبِيَّةِ فِِ المدَارِسِ الثَّانَوِيَّةِ. وَغا يَ نْتاجُ نَموذَجِ مَنَْْجٍ لِلتََّّْبِيَةِ ِ ةُ البَحْثِ هَِِ ا سْلامِيَّةِ وَالأَخْلاقِ يَعْتَمِدُ عَلَى القِيََِ المحََلِديَّةِ فِِ جاوَةَ الغَرْبِيَّةِ ِ الإ . طارُ النَّظَرِيُّ لِهذا البَحْثِ عَلَى نَظَرِيَّةِ "فِيغوتْسْكِِ" فِِ البِنائِيَّةِ الَّتي تُؤَ دِ كدُ أَهَِد يَّ ِ يَرْتَكِزُ الإ ةَ ال دِ س ياقِ الإِجْتِماعِ د يِ (CTL)" وَالثَّقا دِِ فِ فِِ عَََلِيَّةِ التَّعَلُُِّّ، وَعَلَى نَموذَجِ تَطْوِيرِ المنََْْجِ لِ"تابا"، وَكَذَلِكَ عَلَى مَنَْْجِ "التَّعْلِيَِ وَالتَّعَلُُِّّ ال دِ س يا دِِ ق الََّّي يََْعَلُ التَّجارِبَ المحََلِديَّةَ مَصْدَرًا لِلتَّعَلُُِّّ ذِي المعَْنَ . وَتَضَمَّنَتْ أَدَواتُ جََْعِ "ADDIE". وَفْقَ نَموذَج (R&D)" اِسْ تَخْدَمَ هذا البَحْثُ مَنَْْجَ "البَحْثِ وَالتَّطْوِيرِ البَياناتِ الإِسْتِبانَةَ، وَالمُلاحَظَةَ لِعَمَلِيَّةِ التَّعْلِيَِ، وَالمُقابَلاتِ المُتَعَ دِ مقَةَ مَعَ مُعَلِدمِي التََّّْ ب سْلامِيَّةِ، وَدِراسَةَ الوَثائِقِ ِ يَةِ الإ المُتَعَلِدقَةِ بِالمنََْْجِ، وَدَليلِ المُعَ دِ لُِّ، وَمَ لى التَّجْرِبَةِ الميَْدانِيَّةِ لِتَقْوِيمِ فاعِلِيَّةِ النَّموذَجِ المُطَوَّرِ. أَمَّا تَْ ِ ضافَةِ ا ِ وا دِ د التَّعْلِيَِ، بِالإ لِيلُ البَياناتِ الكَِْديَّةِ فَاعْ تَ حْصاءِ الوَصْفِ د يِ، بَيْنَما اِسْ تُخْدِمَتْ فِِ البَياناتِ النَّوْعِيَّةِ أَسالِيبُ التَّكْثِيفِ وَالعَرْضِ ِ مَدَ عَلَى الإ وَالتَّحَقُّقِ. نُفِدذَ البَحْثُ فِِ خََْسِ مَدارِسَ ثَانَوِيَّةٍ حُكومِيَّةٍ فِِ مُحافَظَةِ جاوَةَ الغَرْبِيَّةِ، وَذَلِكَ بِاِ سْ تِخْدامِ أُسْلوبِ العَيِدنَةِ . العَشْوائِيَّةِ مُتَعَ د دِدَةِ المرَاحِلِ، وَهَِِ: ثانَوِيَّةُ سورادي 1، وَغاروت 24 ، وَكونينغان 2، وَبوساكاناغارا 1، وَباندونغ 4 ِ أَظْهَرَتْ نَتائِجُ التَّحْلِيلِ وُجودَ حاجَةٍ مُرْتَفِعَةٍ لَِمْجِ القِيََِ المحََلِديَّةِ فِِ تَعْلِيَِ التََّّْبِيَةِ الإسْلامِيَّةِ، حَيْثُ بَلَغَتْ نِسْ بَةُ اِسْ تِجابَةِ الطُّ د لابِ 73,16 % وَالمُعَلِدمِينَ . 74,96 % وَقَدْ تَََّ تَطْوِيرُ المنََْْجِ بِدَمْجِ القِيََِ المحََلِديَّةِ مِثْلَ : س يليه أسا، س يليه أس يه، س يليه أوسوه، سابيلولونغان، ساوْينُان، وَغوتونغ رويونغ، وَغَيِْْها مِنَ المُمارَساتِ الإِجْتِماعِيَّةِ فِِ مُحْتَوَى التَّعْلِيَِ وَطُرُقِهِ وَأَساليبهِ بِما يَتَناسَبُ مَعَ نَتائِجِ التَّعَلُُِّّ المسَْ تََْدَفَةِ. أَظْهَرَتْ نَتائِجُ التَّطْ بيقِ الميَْدا دِِ ن أَنَّ 88,48 % مِنَ يَابِيَّةً لِلتَّجْرِبَةِ التَّعْلِيمِيَّةِ القائِمَةِ عَلَى الحِكَْْةِ المحََلِديَّةِ، كَ ِ الطُّ د لابِ أَبْدَوْا اِسْ تِجابَةً ا ما أَنَّ مُتَوَ د سِطَ نَتائِجِ التَّعَلُُِّّ فِِ سِ تَّةِ . مَجالإتٍ مِنْ نَتائِجِ التَّعَلُُِّّ تَراوَحَ بَيْنَ 75,08 وَ . 84,21 سْلامِيَّةِ أَكْثَََ اِ ر ِ وَقَدْ ثَبَتَ أَنَّ هذا النَّموذَجَ مِنَ المنََْْجِ فَعَّالٌ فِِ جَعْلِ تَعْلِيَِ التََّّْبِيَةِ الإ تِباطًا بِال دِ س ياقِ الإِجْتِماعِ د يِ وَالثَّقا دِِ فِ، وَأَكْثَََ مَلاءَمَةً وَعَُْقًا فِِ المعَْنَ، كَما يُسْهِمُ فِِ تَرْسِ يخِ الإِ دِ تّاهِ الوَسَطِ د يِ وَتَعْزِيزِ اِحْتَِّامِ الثَّقافَةِ المحََلِديَّةِ دُونَ سْلامِيَّةِ ِ خْلالِ بَِِوْهَرِ التَّعالِيَِ الإ ِ الإ . الكَِِماتُ المِفْتاحِيَّ ة : سْلامِيَّةُ، الحِكَْْةُ المحََلِديَّةُ، تَطْوِيرُ المنََْْجِ، البَحْثُ وَالتَّطْ و ِ المنََْْجُ المُسْ تَقِلُّ، التََّّْبِيَةُ الإ يرُ، نَموذَجُ ADDIE
| Item Type: | Thesis (Doktoral) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kurikululum Merdeka, Budi Pekerti, kearifan lokal, |
| Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education > Ethical Education Curricula > Curriculum Development |
| Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Agus Ruswandi |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 08:55 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 08:55 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126978 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



