Penggunaan media pop-up book untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV

Haerunisa, Risa (2018) Penggunaan media pop-up book untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ daftarisi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berasal dari adanya fenomena yang ada di MI Nurul Huda Kota Bandung, dimana dalam proses pembelajaran menulis karangan guru tidak pernah menggunakan media untuk memancing keterampilan siswa dalam menulis karangan sehingga keterampilan siswa dalam menulis karangan masih rendah. Rendahnya keterampilan siswa dalam menulis karangan dapat dilihat dari sebagian siswa yang masih memiliki nilai di bawah KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Beradasrakan fenomena tersebut, timbulah permasalahan yang harus diteliti yaitu apakah dengan penggunaan media pop-up book dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Nurul Huda Kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Bandung sebelum digunakannya media pop-up book. Proses penerapan media pop-up book pada keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Bandung. Keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Bandung setelah digunakannya media pop-up book. Penelitian ini berlandaskan pada kajian teoritis yang menyatakan bahwa media merupakan alat bantu dan sebuah sarana untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar.Begitu pula dengan media pop-up book yang menjadi alat bantu dalam proses pembelajaran karangan narasi. Diharapkan dengan adanya media pop-up book siswa dapat dengan mudah memahami materi dan terampil dalam membuat karangan narasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas, di dalamnya terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan diakhiri dengan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Bandung meningkat dengan menggunakan media pop-up book. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil observasi dan nilai persentase keterampilan menulis karangan narasi. Hasil obsevasi guru mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 91% pada siklus I dan 100% pada siklu II. Begitupun aktivitas siswa, pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 73,62% dan pada siklus II 81%. Keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi juga mengalami peningktakan dengan persentase 16% pra siklus 52% siklus I dan 88% siklus II. Dapat disimpulkan bahwa media pop-up book dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Nurul Huda Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pop-up book
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Risa Haerunisa
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:50
Last Modified: 09 Oct 2018 06:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13143

Actions (login required)

View Item View Item