Penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MI: penelitian tindakan kelas di kelas IIIB MIN I Kota Bandung

Nafilah, Siti (2018) Penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MI: penelitian tindakan kelas di kelas IIIB MIN I Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 28 June 2018.

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 28 June 2018.

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only until 28 June 2018.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 28 June 2018.

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 28 June 2018.

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan yaitu di kelas IIIb MIN I Kota Bandung yang menunjukan bahwa kebanyakan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits masih rendah, guru belum menggunakan metode pembelajaran yang menarik pada saat menyampaikan materi pelajaran al-Qur’an hadits. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Active Knowledge Sharing ini merupakan strategi yang menekankan siswa untuk saling berbagi dan membantu dalam menyelesaikan pertanyaan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits sebelum menggunakan strategi pembelajaran active knowledge sharing. (2) Proses penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. (3) Aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits setelah menggunakan straetgi pembelajaran active knowledge sharing. Penelitian ini bertolak pada kajian teori yang menunjukkan bahwa strategi pembelajaran active knowledge sharing merupakan strategi belajar aktif yang mendorong siswa untuk aktif berbagi informasi dan berbagi pengetahuan kepada teman yang tidak bisa menyelesaikan soalnya dan pada saat sesi akhir guru menyampaikan topik-topik yang penting dari hasil pengerjaan siswa dalam berbagi pengetahuan pada mata pelajaran tersebut. Strategi ini cocok untuk diterapkan kepada peserta didik untuk siap belajar dengan cepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus dengan tahapan-tahapan yang meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian dimulai dengan pra siklus terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan siklus I dan siklus II. Hasil penelitian berdasarkan analisis data dari hasil penelitian tindakan kelas di kelas III B MIN I Kota Bandung mengenai aktivitas belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing pada mata pelajaran al-Qur’an hadits di MI materi surat al-Qari’ah dengan menggunakan lembar observasi mangalami peningkatan yang signifikan. Aktivitas belajar siswa dilihat dari hasil observasi awal hanya mencapai angka sebesar 23,33% sehingga masuk dalam kategori kurang, pada siklus I aktivitas siswa mendapatkan angka sebesar 49,42% dan masuk kategori cukup, dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 89,35% yang masuk dalam kategori sangat baik. Peningkatan aktivitas belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap dari kaegori kurang, cukup dan akhirnya menjadi sangat baik. Data hasil tersebut menunjukkan bahwa menggunakan strategi pembelajaran active knoeledge sharing dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Active Knowledge Sharing; Strategi Pembelajaran;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: siti nafilah sitinafilah
Date Deposited: 08 Nov 2018 03:34
Last Modified: 08 Nov 2018 03:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13398

Actions (login required)

View Item View Item