Upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka 1 sampai 10 melalui permainan kartu angka pada anak usia dini: penelitian tindakan kelas kelompok A RA Nurul Amal Ciguruwik Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Nurinta, Dias Syafitri (2018) Upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka 1 sampai 10 melalui permainan kartu angka pada anak usia dini: penelitian tindakan kelas kelompok A RA Nurul Amal Ciguruwik Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh studi pendahuluan yang menemukan beberapa permasalahan terkait anak belum mengetahui angka 1 sampai 10 dengan baik. Permasalahan tersebut diantaranya anak belum mampu mengenal bentuk angka dan belum mampu menulis angka, sehingga anak bertanya kepada temannya atau gurunya. Hal tersebut dikarenakan media yang digunakan dalam mengenal angka masih menggunakan lembar kerja anak (LKA), buku tulis dan papan tulis. Sedangkan media permainan edukatif jarang digunakan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan mengenal angka 1 sampai 10 sebelum menggunakan permainan kartu angka 2) proses penerapan permainan kartu angka 3) kemampuan mengenal angka 1 sampai 10 setelah menggunakan permainan kartu angka pada seluruh siklus di kelompok A RA Nurul Amal Ciguruwik Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal angka 1 sampai 10. Adapun kemampuan mengenal angka meliputi menunjuk angka, meniru angka, dan menghubungkan/ memasangkan angka dengan benda-benda sampai 10 (anak tidak disuruh menulis). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan campuran. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah 13 anak kelompok A di RA Nurul Amal Ciguruwik Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan anak mengenal angka 1 sampai 10 sebelum menggunakan permainan kartu angka memperoleh nilai rata-rata sebesar 50,64 dengan kriteria kurang. Adapun gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan permainan kartu angka berjalan dengan baik dan sesuai langkah-langkah permainan kartu angka dengan hasil observasi guru pada siklus I sebesar 76,47% termasuk kategori cukup. Sementara pada siklus II sebesar 97,06% dengan kategori sangat baik. Demikian pula aktivitas anak pada siklus I sebesar 72,65% dengan kategori cukup, sementara pada siklus II sebesar 95,3% dengan kategori sangat baik. Hasil kemampuan mengenal angka 1 sampai 10 melalui permainan kartu angka pada kelompok A RA Nurul Amal Ciguruwik Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung sesudah menggunakan permainan kartu angka mengalami peningkatan pada setiap siklus, yaitu siklus I sebesar 64,74 dengan kriteria cukup dan siklus II sebesar 78,85 dengan kriteria baik. Hal tersebut mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II dengan jumlah nilai rata-rata sebesar 28,21.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini; Mengenal Angka 1 sampai 10; Permainan Kartu Angka
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Dias Syafitri Nurinta
Date Deposited: 21 Sep 2018 07:48
Last Modified: 21 Sep 2018 07:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14053

Actions (login required)

View Item View Item