Larasati, Anis (2018) Penerapan model pembelajaran somatic, auditory, visualization, intellectualy terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan: penelitian pada siswa kelas VII SMP laboratorium percontohan UPI Kampus Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (458kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (866kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
Abstract
Keberhasilan pencapaian kompetensi suatu mata pelajaran dalam kegiatan belajar mengajar salah satunya tergantung pada kemampuan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran, serta inovasi dalam penggunaan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran SAVI. Model Pembelajaran SAVI memiliki empat unsur yang berkaitan dengan panca indra yaitu Somatic, Auditory, Visuallization, Intellectualy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatan keterampilan berpikir kritis serta respon siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan model SAVI pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian one group times series design dengan pembelajaran mengggunakan dan tanpa menggunakan model pembelajaran SAVI. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapkan model pembelajaran SAVI pada lembar observasi guru 98% dan lembar observasi siswa 97% terlaksana dengan kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan nilai N-Gain 0,44 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol nilai N-Gain 0,19 dengan kategori rendah. Respon siswa pada pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran SAVI pada materi pencemaran lingkungan diperoleh 82% dengan kategori sangat baik. Hasil uji t menunjukkan thitung 2,12 > ttabel 2,00 bahwa model pembelajaran SAVI berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran SAVI; Berpikir Kritis; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Anis Larasati |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 06:03 |
Last Modified: | 16 Oct 2018 07:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14464 |
Actions (login required)
View Item |