Muthmainah, Attin (2018) Penggunaan software Cabri 3D dengan pendekatan saintik untuk meningkatkan kemampuan berfikir spasial dan karakter matematis siswa: penelitian kuasi eksperimen pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Labschool Percontohan UPI Kampus Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftrar isi.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab I.pdf Download (805kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (802kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (862kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu kemampuan berfikir spasial dan karakter matematis yang masih rendah serta perkembangan teknologi yang pesat. Pembelajaran matematika menggunakan software Cabri 3D dengan pendekatan saintifik menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berfikir spasial dan karakter matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan berfikir spasial siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan berfikir spasial berdasarkan pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c) perbedaan peningkatan karakter matematis siswa antara sebelum dan setelah pembelajaran matematika menggunakan software Cabri 3D dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen, terdapat dua kelas yaitu, kelas eksperimen menggunakan software Cabri 3D dengan pendekatan saintifik dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berfikir spasial; (b) terdapat perbedaan pencapai kemampuan berfikir spasial berdasarkan PAM serta terdapat interaksi antara kategori PAM siswa dengan pembelajaran dalam pencapaian kemampuan berfikir spasial siswa; (c) terdapat perbedaan peningkatan karakter matematis siswa antara sebelum dan setelah pembelajaran matematika menggunakan software Cabri 3D dengan pendekatan saintifik. Terimplikasi grand teori Piaget, Bruner, Ausubel, Gagne dan Vygotsy sehingga software Cabri 3D dengan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan kemampuan berfikir spasial dan karakter matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | software Cabri 3D; pendekatan saintifik; berfikir spasial; karakter matematis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Attin muthmainah |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 02:47 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 02:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14801 |
Actions (login required)
View Item |