Pengaruh model pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi

Fadillah, Irma Samrotul (2018) Pengaruh model pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai kkm pada Materi sistem ekskresi, serta pemahaman siswa dalam kemampuan berpikir krtitis. Model TSTS dipilih untuk meningkat kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran TSTS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekskresi dan mengetahui respon siswa pada model pembelajaran TSTS. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan Nonequivalent Prestest-Posttest Control Group Design. Dilakukan dikelas VIII C sebagai kelas kontrol dan Kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan ialah, Lembar observasi (LO), test keterampilan berpikir kritis, dan angket. Hasil penelitian menunjukan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen diperoleh nilai pretest 75, dengan kualifikasi baik, nilai posttest 83,90 dengan kualifikasi sangat baik, sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai pretest 51,26 dengan kualifikasi kurang dan posttest 70,96 dengan kualifikasi baik. Berdasarkan uji t menunjukan hasil analisis kelas eksperimen dan kelas kontrol hasil perhitungan diketahui, bahwa thitung 2,23 > t tabel 2,00. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima artinya pengaruh model pembelajaran TSTS berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Belajar dan pembelajaran; Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS); Kemampuan Berpikir Kritis Siswa; Materi Sistem Ekskresi
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Biology
Biology > Dictionaries and Encyclopedia of Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Biochemistry
Biochemistry > Metabolism
Biochemistry > Proteins
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Irma Samrotul Fadillah
Date Deposited: 10 Oct 2018 04:25
Last Modified: 10 Oct 2018 04:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15282

Actions (login required)

View Item View Item