Winata, Indra (2018) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Thalk Writhe (TTW) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
3_Abstrak.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
2_DatarIsi.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_babI.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_babII.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BabIII.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_babIV.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BabV.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah ditandai dengan pencapaian nilai siswa pada mata pelajaran IPA masih banyak dibawah KKM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran TTW, menganalisis hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan dan tidak menggunakan model TTW, menganalisis pengaruh model pembelajaran TTW terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem, mendeskripsikan respon siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan dan tidak menggunakan model TTW. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII D dan VII E SMP Al-amanah Cileunyi Bandung. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah seperangkat tes hasil belajar berupa pretest dan posttest, lembar observasi, dan angket. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan model TTW terlaksana dengan sangat baik yaitu keterlaksanaan aktivitas guru (97,5%) dan aktivitas siswa (84,5%). Hasil belajar peserta didik dengan model TTW memperoleh persentase N-gain 0,52 dengan kriteria sedang. Hasil respon siswa menggunakan model TTW diperoleh rata-rata 87,86 % dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil analisis data postest diperoleh nilai Thitung 2,91> Ttabel = 1,52 disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TTW terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; model think talk writre (TTW); ekosistem |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email indrazulfah47@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 01:54 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 01:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15802 |
Actions (login required)
View Item |