Mutiara, Astri (2018) Penerapan Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning untuk Mengembangkan Literasi Kimia pada Konsep Kesetimbangan Kelarutan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (380kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapakan pembelajaran POGIL untuk mengembangkan literasi kimia pada konsep kesetimbangan kelarutan. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas dengan desain penelitian one-shot case study kepada 34 siswa kelas XI IPA 3. Informasi diperoleh dengan mengukur aktivitas siswa selama pembelajaran, penyelesaian siswa pada Lembar Kerja Siswa (LKS) pada setiap tahapan pembelajaran POGIL, serta kemampuan literasi kimia siswa setelah pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada aktivitas siswa selama pembelajaran POGIL yaitu rata-rata 94%, dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil yang didapat pada penyelesaian LKS pada setiap tahapan pembelajaran POGIL yaitu rata-rata 94 dan dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata tertinggi 100 pada tahap aplikasi, dan nilai terendah 70 pada tahap penutup. Nilai rata-rata kemampuan literasi kimia 71 dikategorikan baik. Hasil ini diperoleh karena pembelajaran POGIL membuat siswa aktif menggali informasi, sehingga dapat mengembangkan literasi kimia. Dengan demikian pembelajaran POGIL ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk mengembangkan literasi kimia pada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Kimia; Pembelajaran POGIL; Kesetimbangan Kelarutan |
Subjects: | Analytical Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Astri Mutiara Resmi |
Date Deposited: | 06 Nov 2018 03:29 |
Last Modified: | 06 Nov 2018 03:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16414 |
Actions (login required)
View Item |