Penerapan Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning untuk Mengembangkan Literasi Kimia pada Konsep Kesetimbangan Kelarutan

Mutiara, Astri (2018) Penerapan Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning untuk Mengembangkan Literasi Kimia pada Konsep Kesetimbangan Kelarutan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapakan pembelajaran POGIL untuk mengembangkan literasi kimia pada konsep kesetimbangan kelarutan. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas dengan desain penelitian one-shot case study kepada 34 siswa kelas XI IPA 3. Informasi diperoleh dengan mengukur aktivitas siswa selama pembelajaran, penyelesaian siswa pada Lembar Kerja Siswa (LKS) pada setiap tahapan pembelajaran POGIL, serta kemampuan literasi kimia siswa setelah pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada aktivitas siswa selama pembelajaran POGIL yaitu rata-rata 94%, dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil yang didapat pada penyelesaian LKS pada setiap tahapan pembelajaran POGIL yaitu rata-rata 94 dan dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata tertinggi 100 pada tahap aplikasi, dan nilai terendah 70 pada tahap penutup. Nilai rata-rata kemampuan literasi kimia 71 dikategorikan baik. Hasil ini diperoleh karena pembelajaran POGIL membuat siswa aktif menggali informasi, sehingga dapat mengembangkan literasi kimia. Dengan demikian pembelajaran POGIL ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk mengembangkan literasi kimia pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Literasi Kimia; Pembelajaran POGIL; Kesetimbangan Kelarutan
Subjects: Analytical Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Astri Mutiara Resmi
Date Deposited: 06 Nov 2018 03:29
Last Modified: 06 Nov 2018 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16414

Actions (login required)

View Item View Item