Manajemen pemasaran pendidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Pangauban Bandung Barat

Parid, Miftah (2016) Manajemen pemasaran pendidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Pangauban Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK Miftah.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)

Abstract

Madrasah Aliyah Al-Ittihad memiliki manajemen pemasaran pendidikan yang unik, yaitu terdapat proses promosi melalui door to door, atau pihak sekolah langsung mendatangi para calon peserta didik untuk bersama belajar di Madrasah Aliyah Al-Ittihad. Tentu kenyataan seperti ini sangat jarang ditemukan di lembaga pendidikan manapun. Namun, selain itu Madrasah Aliyah Al-Ittihad juga memiliki kekurangan, seperti kurang memaksimalkan media, sarana dan prasarana, yang akan berdampak pada pemasaran Madrasah Aliyah Al-Ittihad. Tujuan penelitian ini untuk; 1) mengetahui latar alamiah Madrasah Aliyah Al-Ittihad Pangauban, 2) perencanaan pemasaran pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Pangauban. 3) pelaksanaan pemasaran pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Pangauban. 4) evaluasi pemasaran pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Pangauban. 5) hasil pemasaran pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Pangauban. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pentingnya manajemen pemasaran pendidikan untuk mensukseskan tujuan pendidikan. Jika pendidikan tanpa adanya pengelolaan pemasaran pendidikan maka lembaga tersebut tidak akan berjalan maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Manajemen pemasaran pendidikan merupakan bagian penting untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dengan cara penafsiran deskriptif semata-mata dan uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, analisis kasus negative, kecukupan referensi, uraian rinci dan auditing. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Madrasah Aliyah Al-Ittihad Pangauban Kabupaten Bandung Barat didirikan pada tahun 2011 sebagai salah satu usaha Yayasan Al-Ittihad dalam bidang Pendidikan. 2) Perencanaan pemasaran pendidikan harus rasional, lentur, dan kontinue. Program perencanan yang dilakukanpun meliputi program mingguan, bualanan, semesteran dan tahunan. 3) Pelaksanaan Pemasaran di MA Al-Ittihad yang pertama yaitu pembentukan PPDB dengan di SK kan oleh kepala sekolah secara langsung, media pemasaran melalui media cetak yaitu spanduk, brosur, pamplet, stiker dan lain sebagainya dan yang terakhir melakukan jemput bola.Ada dua cara pemasaran jemput bola yang juga dilakukan oleh MA Al-Ittihad yaitu; pertama Menghubungi wali kelas atau kepala sekolah di sekolah tersebut. Kedua Langsung mendatangi rumahnya orang tuanya. 4) Evaluasi yang dilakukan oleh pengelola pemasaran pendidikan di MA Al-Ittihad Pangauban Bandung Barat tidak hanya dilakukan di akhir periode saja, melainkan juga dalam prosesnya, yaitu pada tiap dua mingguan, bulanan, tengah semester, akhir semester dan akhir tahun. Ini dilaksanakan dalam bentuk pertemuan / rapat oleh kepala sekolah. 5) Konsep manajemen pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh MA Al-Ittihad berupa planning (perencanaan), actuating (pelaksanaan/ pengarahan) dan controlling (pengendalian/evaluasi).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pemasaran; Pendidikan;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 30 Jan 2019 05:51
Last Modified: 30 Jan 2019 05:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18411

Actions (login required)

View Item View Item