Pengaruh model pembelajaran word square serta kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa SMPN 18 Bandung VII

Khoir, Talina Zulfah (2018) Pengaruh model pembelajaran word square serta kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa SMPN 18 Bandung VII. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh model pembelajaran word square, berkirim salam dan soal terhadap kemampuan pemahaman matematis. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen. Banyaknya populasi dalam penelitian ini adalah 9 kelas dengan sampel sebanyak 3 kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) gambaran proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran word square serta berkirim salam dan soal; (b) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (c) perbedaan antara kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran word square, model pembelajaran berkirim salam dan soal, pembelajaran konvensional; (d) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran word square serta model pembelajaran berkirim salam dan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari setiap pertemuan; (b) hasil analisis gain ternormalisasi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (c) hasil analisis postest menggunakan uji bartlet terdapat perbedaan antara antara kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran word square, model pembelajaran berkirim salam dan soal, pembelajaran konvensional; (d) hasil analisis data skala sikap siswa yang memperoleh pembelajaran word square, berkirim salam dan soal diketahui bahwa sebagian besar siswa merespon positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksananakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Word Square; berkirim salam dan soal; pemahaman matematis;
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Talina Zulfah Khoir
Date Deposited: 13 Mar 2019 08:11
Last Modified: 13 Mar 2019 08:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19342

Actions (login required)

View Item View Item