Khoir, Talina Zulfah (2018) Pengaruh model pembelajaran word square serta kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa SMPN 18 Bandung VII. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (871kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh model pembelajaran word square, berkirim salam dan soal terhadap kemampuan pemahaman matematis. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen. Banyaknya populasi dalam penelitian ini adalah 9 kelas dengan sampel sebanyak 3 kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) gambaran proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran word square serta berkirim salam dan soal; (b) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (c) perbedaan antara kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran word square, model pembelajaran berkirim salam dan soal, pembelajaran konvensional; (d) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran word square serta model pembelajaran berkirim salam dan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari setiap pertemuan; (b) hasil analisis gain ternormalisasi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (c) hasil analisis postest menggunakan uji bartlet terdapat perbedaan antara antara kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran word square, model pembelajaran berkirim salam dan soal, pembelajaran konvensional; (d) hasil analisis data skala sikap siswa yang memperoleh pembelajaran word square, berkirim salam dan soal diketahui bahwa sebagian besar siswa merespon positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksananakan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Word Square; berkirim salam dan soal; pemahaman matematis; |
Subjects: | Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Talina Zulfah Khoir |
Date Deposited: | 13 Mar 2019 08:11 |
Last Modified: | 13 Mar 2019 08:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19342 |
Actions (login required)
View Item |