Fauzianty, Yulia (2019) Penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan Metaphorical Thinking untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa: penelitian kuasi eksperimen pada salah satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (843kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
Abstract
Yulia Fauzianty. “Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Salah Satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap siswa yang memperoleh pengajaran dengan menggunakan pendekatan Metaphorical Thinking lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel yaitu kelas MIA 1 (Matematika dan Ilmu Alam), dan IIS 1 (Ilmu-Ilmu Sosial). Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal berpikir kritis matematis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) Peningkatan berpikir kritis matematis kelas Metaphorical Thinking dan kelas konvensional dikategorikan sedang; (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap siswa yang memperoleh pengajaran dengan menggunakan pendekatan metaphorical thinking lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (c) Kesulitan pada beberapa permasalahan yang dialami siswa dapat diminimalisir dengan cara memberikan permasalahan nonrutin dengan tipe yang sama. Pembelajaran Metaphorical Thinking melibatkan proses interaksi, temuan, gagasan, dan proses reflektif sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metaphorical Thinking; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | YULIA FAUZIANTY |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 07:36 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 07:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21471 |
Actions (login required)
View Item |