Hasanah, Vina Munipatul (2019) Meningkatkan kemampuan berpikir Kreatif Matematis siswa melalui model pembelajaran PACE (Project Activity Cooperative and Exercise): Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMP. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (530kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PACE (Project Activity Cooperative and Exercise). Tujuan penelitian untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model PACE (Project Activity Cooperative and Exercise); (b) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (c) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model PACE lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (d) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran PACE. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Banyaknya populasi dalam penelitian ini adalah 4 kelas dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (a) setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan model PACE kemampuan berpikir kreatif matematis siswa meningkat; (b) pada kontrol yang memperoleh model konvensional kemampuan berpikir kreatif matematis siswa juga meningkat; (c) hasil analisis N-Gain menunjukan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PACE (Project Activity Cooperative and Exercise) lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (d) siswa di kelas eksperimen memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran PACE (Project Activity Cooperative and Exercise). Pembelajaran mengaplikasikan teori pemberian masalah yang dikemukakan oleh J.S Bruner, teori interaksi yang dikemukakan oleh Vygotsky dan teori refleksi yang dikemukakan oleh John Dewey sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PACE (Project Activity Cooperative and Exercise); berpikir kreatif matematis |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Vina Munipatul Hasanah |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 03:38 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 03:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22034 |
Actions (login required)
View Item |