Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pasal perlindungan konsumen dan penerapannya terhadap penjualan susu kemasan di Pasar Mardika Kota Ambon

Wally, Salidin (2019) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pasal perlindungan konsumen dan penerapannya terhadap penjualan susu kemasan di Pasar Mardika Kota Ambon. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

Pasal 4 No. 8 Tahun 1999 tentang undang-undang perlindungan konsumen, yang mengatur mengenai hak konsumen yaitu hak atas kenyamanan, keamanan, keselamatan dalam mengkonsumsi barang. Namun pada kenyataannya di pasar Mardika Ambon masih terdapat pelaku usaha yang masih menjual produk susu kemasan dimana produk tersebut didapat secara langsung maupun tidak langsung dapat mengancam kenyamanan, keamanan, keselamatan bagi konsumen yang mengkonsumsi produk susu yang mengalami kecacatan pada kemasan tersebut. Penenlitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengkaji lebih mendalam tentang: (1) penerapan undang-undang perlindungan konsumen di pasar Mardika Ambon, (2) pandangan BPOM kota Ambon terhadap produk susu kemasan, dan (3) pandangan hukum ekonomi syari’ah terhadap produk susu kemasan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian field research (penelitianlapangan), dengan menggunakan metode deskriptif-analisis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan per pustakaan. Penelitian ini berpijak pada kerangka berpikir bahwa, implementasi sebagai pelaksanaan dari sebuah kebijakan dasar dari hukum yang juga bisa diterapkan dalam pemerintahan maupun dalam hal putusan pengadilan. Perlindungan konsumen adalah perangkat hukum yang diciptakan untuk melindungi dan terpenuhinya hak-hak konsumen guna menjamin adanya kepastian hukum terhadap ketentuan yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan undang-undang perlindungan konsumen di pasar Mardika Ambon dilakukan dengan memberikan ganti rugi atas kerusakan atau kerugian konsumen akibat mengkonsumsi susu kemasan yang cacat, (2) pandangan BPOM kota Ambon terhadap produk susukemasan yang mengalami cacat dalam kemasan sangat berbahaya bagi konsumen yang mengkonsumsi susu tersebut karena dapat menyebabkan gatal-gatal, bengkak dan kanker, dan (3) pandangan hukum ekonomi syari’ah terhadap produk susu kemasan, belum sesuai dengan Khiyar aibi karena ada praktek pengelabuan terhadap konsumen dan ada unsur ketidakjelasan (Gharar) dalam memperjualbelikan produk susu kemasan yang mengalami kecatatan dalam kemasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah; Perlindungan Konsumen; Perjualan Susu Kemasan
Subjects: Islam > Islam and Economics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: salidin wally
Date Deposited: 11 Sep 2019 07:17
Last Modified: 27 Jun 2022 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23657

Actions (login required)

View Item View Item