Pengaruh pengawasan terhadap efektivitas penerimaan retribusi parkir di Kantor Upaya Pelaksana Teknis (UPT) pengelolaan parkir Kota Bandung pada tahun 2013-2017

Habibah, Nunu (2019) Pengaruh pengawasan terhadap efektivitas penerimaan retribusi parkir di Kantor Upaya Pelaksana Teknis (UPT) pengelolaan parkir Kota Bandung pada tahun 2013-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang terjadi dalam penelitian awal yaitu penerimaan retribusi parkir pada Kantor UPT Pengelolaan Parkir Kota Bandung pada tahun 2013-2017 yang selalu tidak mencapai targetyang telah ditentukan. Hal ini terjadi karena masih banyaknya juru parkir liar dan kurangnya pengawasan dalam proses pemungutan retribusi parkir sehingga terjadi kebocoran penerimaan retribusi parkir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengawasan terhadap efektivitas penerimaan retribusi parkir pada Kantor UPT Pengelolaan Parkir Kota Bandung. Penulis menggunakan teori pengawasan dari Handoko dalam variabel independen (X) dimana dalam teori ini terdapat 5 dimensi yaitu penetapan standar, penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan, pengukuran pelaksanaan kegiatan, pembandingan pelaksanaan dengan standar dan analisa penyimpangan, serta pengambilan tindakan koreksi bila diperlukan. Sedangkan untuk mengukur efektivitas penerimaan retribusi parkir menggunakan teori dari Mahmudi sebagai variabel dependen (Y). Metode yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi dan penyebaran kuesionerkepada responden dengan jumlah 44 responden dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Untuk menentukan seberapa besar pengaruh pengawasan terhadap efektivitas penerimaan retribusi parkir menggunakan uji-t dengan program SPSS 23. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengawasan berpengaruh signifikan terhadap efektivitas penerimaan retribusi parkir pada Kantor (UPT) Pengelolaan Parkir Kota Bandung. Dalam Uji t diperoleh nilai thitung sebesar 4,013 dan nilai ttabel 2,018. Artinya thitung lebih besar daripada ttabel (4,013>2,018) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengawasan berpengaruh signifikan terhadap efektivitas penerimaan retribusi parkir pada Kantor UPT Pengelolaan Parkir Kota Bandung. Dengan nilai presentase sebesar 27,7% dan sisanya sebesar 72,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan; Efektivitas Penerimaan Retribusi Parkir;
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Nunu Habibah
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:19
Last Modified: 16 Sep 2019 02:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23672

Actions (login required)

View Item View Item