Hadaina, Zidni (2019) Penggunaan media kartu kata bergambar untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas 1: Penelitian tindakan kelas di kelas I MI Miftahul Huda Kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan yang terdapat pada siswa kelas I di MI Miftahul Huda Kota Cimahi, yakni rendahnya kemampuan keterampilan menulis deskripsi siswa, yang dibuktikan dengan belum tercapainya nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal ini terjadi karena siswa mengalami kesulitan dalam menuangkan apa yang akan ditulis, sehingga siswa dalam kegiatan menulis deskripsi masih kebingungan untuk menuangkan ide yang ada dalam pikirannya. Ketika proses pembelajaran siswa hanya mendapat informasi secara lisan tanpa disertai ilustrasi yang jelas, sehingga membuat siswa tidak mempunyai gambaran yang baik dan benar terhadap sesuatu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis deskripsi siswa sebelum penerapan media kartu kata bergambar, aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya media kartu kata bergambar, dan peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa dengan menggunakan media kartu kata bergambar. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa keterampilan menulis deskripsi siswa dapat meningkat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya dengan menerapkan media yang tepat yaitu dengan menggunakan media kartu kata bergambar. Sehingga peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa penerapan media kartu kata bergambar diduga dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap secara berulang, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I MI Miftahul Huda Kota Cimahi yang berjumlah 21 orang, terdiri dari 10 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan ketika media kartu kata bergambar diterapkan, aktivitas belajar dan keterampilan menulis deskripsi siswa mengalami peningkatan. Dari hasil observasi yang dilakukan, aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I hingga siklus II. Persentasi aktivitas belajar yang diperoleh yaitu siklus I tindakan I 57% termasuk kategori kurang, tindakan II 66% termasuk kategori cukup, siklus II tindakan I 87.34% termasuk kategori baik sekali dan tindakan II 97% termasuk kategori baik sekali. Peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa dari pra siklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa dari pra siklus sebesar 65.42 ternasuk kategori cukup, siklus I tindakan I sebesar 69.85 termasuk kategori cukup dan tindakan II sebesar 71.09 termasuk kategori cukup, siklus II tindakan I sebesar 74.04 termasuk kategori cukup dan tindakan II 85.04 termasuk kategori baik. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media kartu kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas I MI Miftahul Huda Kota Cimahi. ENGLISH This research is motivated by findings related to class I students at MI Miftahul Huda Cimahi City, which is the low ability of students’ description writing skills that proven by the minimum completeness criteria not achieved yet. This happens because of students still feel difficulty in what will be written, so in the activity of writing description many students are still confused to write something on their mind. While the learning process students only get information verbally without accompanied by clear illustrations, so that students do not have some good and right idea on something. The purpose of this research is to find out students’ description writing skills before the application of pictorial word card media, students’ description writing skills with the application of pictorial word card media, and the improvements of students description writing skills after using the pictorial word card media method. This research is based on the idea that students' description writing skills can be increased, influenced by several factors. One of them is applying proper media which is the use of pictorial word card media. Therefore the researcher proposes a hypothesis action that the application of pictorial word card media is expected to improves students’ description writing skills. The method used in this research is Class Action Research (PTK), conducted in 2 cycles. The subject of this research is Class I student at MI Miftahul Huda Cimahi City that consists of 21 students including 11 male students and 10 female students. Data collection techniques used are tests and observations. The result of this research shows that when pictorial word card media applied, study activity and percentage of description writing skills are increased. By the result of observations conducted, students’ study activity increased from cycle I to cycle II. Action I of Cycle I gets 57% percentage which is categorized as ‘deficient’, and Action II gets 66% which is categorized as ‘sufficient’. Meanwhile Action I of Cycle II increased by 87.39% which is categorized as ‘very good’ and Action II gets 94.43% which is categorized as ‘very good’. The percentage improvements of students description writing skills from the pre-cycle, cycle I, and cycle II experienced an increase in the average value of students from the pre-cycle of 65.42 which is categorized as ‘sufficient’, The action I of cyle I at 69.85 which is categorized as ‘sufficient’, and Action II of Cycle I at 71.09 which is categorized as ‘sufficient’. The Action I of Cycle II gets 74.04 which is categorized as ‘good’ and the action II at 85.04 which is categorized as ‘good’. From the data obtained it can be concluded that the pictorial word card media can improve description writing skills
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kartu Kata Bergambar; Menulis Deskripsi; |
Subjects: | Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Zidni Hadaina |
Date Deposited: | 30 Oct 2019 06:19 |
Last Modified: | 03 Jan 2020 02:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26482 |
Available Versions of this Item
- Penggunaan media kartu kata bergambar untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas 1: Penelitian tindakan kelas di kelas I MI Miftahul Huda Kota Cimahi. (deposited 30 Oct 2019 06:19) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |