Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang

Tammy Ayundary, Tammy (1210207104) (2014) Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (736kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari wawancara dengan guru fisika dan beberapa siswa SMPN 2 Dayeuhkolot serta hasil observasi peneliti yang menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran fisika masih rendah. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya kesempatan siswa untuk membangun keterampilan berpikir kreatif. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran yakni model MEA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran MEA dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa setelah menerapkan model pembelajaran MEA. Metode yang digunakan adalah pre-experimental design dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII-B SMP Negeri 2 Dayeuhkolot Bandung. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah sembilan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII-B dengan jumlah siswa 36 orang. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi, sedangkan data peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa diperoleh dari pretest dan posttest yang berbentuk tes uraian. Persentase keterlaksanaan model MEA setiap pertemuan meningkat dengan rata-rata keterlaksanaan 86,22% dengan kategori sangat baik. Selain itu terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang dengan nilai N-Gain sebesar 0,68 termasuk kategori sedang. Adapun hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Zhitung > Ztabel (5,2 > 1,96) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa setelah menerapkan model MEA pada materi getaran dan gelombang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Means-Ends Analysis (MEA), keterampilan berpikir kreatif, getaran dan gelombang
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:32
Last Modified: 31 Jan 2017 09:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2667

Actions (login required)

View Item View Item