Perbandingan model cooperative learning type artikulasi dengan model cooperative learning type mind mapping mengenai hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak: quasi experiment pada mata pelajaran aqidah akhlak materi akhlak terpuji kepada diri sendiri siswa kelas VIII A dan VIII B MTs Al-Haq Karamat Sukabumi

Maulana A., Ilham Habibi (2017) Perbandingan model cooperative learning type artikulasi dengan model cooperative learning type mind mapping mengenai hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak: quasi experiment pada mata pelajaran aqidah akhlak materi akhlak terpuji kepada diri sendiri siswa kelas VIII A dan VIII B MTs Al-Haq Karamat Sukabumi. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di kelas VIII MTs Al-Haq Karamat sukabumi, siswa sering kali mengalami kejenuhan dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bersifat pasif. Hal ini dikarenakan guru lebih banyak menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan di akhiri dengan tanya jawab yang akhirnya pembelajaran menjadi monoton dan tidak efektif. Peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran yang membuat siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran, diantaranya ialah model Cooperative Learning Type Artikulasi dan model Cooperative Learning Type Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model Cooperative Learning Type Artikulasi dan model Cooperative Learning Type Mind Mapping pada materi Akhlak terpuji kepada diri sendiri, mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara model Cooperative Learning Type Artikulasi dan model Cooperative Learning Type Mind Mapping pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak materi Akhlak terpuji kepada diri sendiri. Model Cooperative Learning Type Artikulasi dan model Cooperative Learning Type Mind Mapping diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena model Cooperative Learning Type Artikulasi memiliki kelebihan memungkinkan siswa semua terlibat (mendapat peran), melatih kesiapan siswa, melatih daya serap dan pemahaman dari siswa yang lain dan interaksi lebih mudah. sedangkan model Cooperative Learning Type Mind Mapping memiliki kelebihan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran dan membantu otak untuk mengatur, mengingat dan membuat hubungan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, test, studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Subjek peneliti yang digunakan adalah siswa kelas VIII A Model Artikulsi 25 siswa dan VIII B Model Mind Mapping 23 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) penerapan menggunakan model Cooperative Learning Type Artikulasi terlaksana dengan baik, berdasarkan hasil observasi pembelajaran yaitu 86% dengan kriteria sangat baik, 2) penerapan menggunakan model Cooperative Learning Type Mind Mapping terlaksana dengan baik, berdasarkan hasil observasi pembelajaran yaitu 80% dengan kriteria sangat baik. 3) Hasil belajar antara kelas model Cooperative Learning Type Artikulasi dan model Cooperative Learning Type Mind Mapping tidak terdapat perbedaan yang signifikan, model Cooperative Learning Type Artikulasi dengan nilai N-gain 0,31 dan model Cooperative Learning Type Mind Mapping dengan IV nilai N-gain 0,23, berdasarkan nilai N-gain kedua model tersebut berkriteria sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning Type Artikulasi; Model Cooperative Learning Type Mind Mapping; Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak;
Subjects: Library and Information Sciences > Education and Related Topics
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilham HabibI Maulana A
Date Deposited: 12 Nov 2019 06:56
Last Modified: 12 Nov 2019 06:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27202

Actions (login required)

View Item View Item