Mahasiswa tentang unggahan Infografis pada media online mojok.co: Penelitian kualitatif pada anggota Jurnalposmedia UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Faisal, Imam Rachmat (2019) Mahasiswa tentang unggahan Infografis pada media online mojok.co: Penelitian kualitatif pada anggota Jurnalposmedia UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy

Abstract

Infografis merupakan sajian visualisasi yang menarik bagi khalayak karena bentuknya yang beragam selain menggunakan lambang atau simbol juga animasi, overlay maupun bentuk tiga dimensi, sedangkan bagi media menjadi lebih singkat dalam menyajikan pemberitaan sehingga dapat menghemat ruang. Mojok.co merupakan salah satu media online di Indonesia dengan konten segar dan menghibur dengan sajian infografis yang menarik . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana anggota Jurnalposmedia dalam memahami dan menginterpretasikan unggahan infografis Mojok.co. Secara khusus mengetahui pandangan anggota Jurnalposmedia pada unggahan infografis Mojok.co, baik berdasarkan aspek kognitif, afektif, dan konatif. Penelitian ini menggunakan komponen-komponen persepsi sebagai landasan. Dimana penelitian mengenai pandangan anggota Jurnalposmedia pada infografis Mojok.co ditekankan pada tiga aspek yaitu kognitif, afektif , dan konatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi lapangan. Metodologi dengan pendekatan kualitatif agar memiliki gambaran yang lengkap dan benar tentang pokok masalah yang akan diteliti. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa aspek kognitif anggota Jurnalposmedia pada unggahan infografis Mojok.co memiliki pandangan dan pemahaman yang baik. Infografis Mojok.co memiliki peran untuk pengetahuan informan yang berhubungan dengan kejurnalistikan. Mereka mempunyai pandangan positif dan memahami unggahan infografis Mojok.co sebagai unggahan yang informatif dan mudah dipahami; dan infografis yang up to date. Dilihat dari aspek afektif anggota Jurnalposmedia terdapat perasaan senang. Hal ini dibuktikan oleh merasa terhiburnya mereka ketika melihat ilustrasi yang disajikan; dan melihat pesan yang tersembunyi dalam infografis Mojok.co ini. Sedangkan dilihat dari aspek konatifnya, infografis Mojok.co cukup memberikan pengaruh postif bagi informan. Keenam informan memiliki sikap atau kecenderungan untuk bertindak, hal ini dibuktikan oleh adanya minat untuk membuat infografis: dan adanya minat membaca juga melestarikan minat baca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Infografis; Media Online; Mojok.co
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Perceptual Process
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Imam Rachmat Faisal
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:28
Last Modified: 19 Nov 2019 04:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27433

Actions (login required)

View Item View Item