Bimbingan Bina Keluarga Balita (BKB) dalam meningkatkan pola hidup sehat di Posyandu Multifungsi Sekarwangi RW 06 Desa Pasawahan Kecamatan Dayeuh Kolot

Laelasari FL, Dewi (2019) Bimbingan Bina Keluarga Balita (BKB) dalam meningkatkan pola hidup sehat di Posyandu Multifungsi Sekarwangi RW 06 Desa Pasawahan Kecamatan Dayeuh Kolot. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB l)
4_bab1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB ll)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB lll)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

Masa anak-anak merupakan masa yang sangat penting dalam pembentukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, karena merupakan pondasi dalam proses perkembangan dan pertumbuhan sangat perlu mengkonsumsi makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan yang sangat lengkap setiap harinya serta harus memenuhi syarat kualitas dan kuantitasnya. Makanan yang lengkap tidak harus mahal, tetapi memenuhi kualifikasi sebagai makanan yang mengandung berbagai macam zat gizi dan berguna bagi tubuh. Pola hidup anak balita yang tidak sehat dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya gizi, kurangnya kesehatan bagi anak balita, dan juga pola asuh orangtua. Tujuan penelitian ini untuk 1) Perencanaan bimbingan BKB dalam meingkatkan pola hidup sehat di Posyandu Multifungsi Sekarwangi RW 06, 2) Mengetahui tahapan pelaksanaan bimbingan yang dilakukan oleh peserta BKB di Posyandu Multifungsi Sekarwangi RW 06 dan, 3) Untuk mengetahui hasil yang di capaidari pelaksanaan bimbingan untuk orangtua dalam meningkatkan pola hidup sehat. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari bimbingan BKB tersebutyaitu berkembangnya peserta BKB dari segi kognitif dan psikomotorik yang dapat dilihat dari empat aspek. Keempat aspek tersebut yakni yang pertama yaitu aspek pribadi. Yang berarti dapat dilihat dari pribadi seseorang, ada yang memang terlahir dan tumbuh menjadi seorang yang sejak kecil tanpa harus menerima didikan atau pelatihan. Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa bimbingan BKB dalam meningkatkan pola hidup sehat di Posyandu Multifungsi Sekarwangi RW 06 karena melalui kegiatan bimbingan tersebut mampu membantu peserta BKB dalam mengembangkan potensi untuk anak dengan segala ilmu pengetahuan yang telah didapatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pola Hidup Sehat;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dewi Bulci FL
Date Deposited: 29 Nov 2019 06:22
Last Modified: 29 Nov 2019 06:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27959

Actions (login required)

View Item View Item