Penerapan model pembelajaran Group Investigation berbantu multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan

Rahmawati, Desti (2019) Penerapan model pembelajaran Group Investigation berbantu multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran group investigation digunakan untuk mengatasi permasalahan mendasar kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, menganalisis keterlaksanaan, dan menguji hipotesis penerapan model group investigation berbantu multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X IPA-4 dan X IPA-5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi RPP 77,24%, LKS 82% dan Multimedia Interaktif 85%. Rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru di kelas X MIPA 4 sebesar 87,50% dan X MIPA 5 90%. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa di kelas X MIPA 4 79,11% dan X MIPA 5 79,69%. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas X MIPA 4 didapatkan thitung (19,70) > t tabel (2,03) dan pada kelas X MIPA 5 nilai thitung (19,05) > t tabel (2,04). Kesimpulannya, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan sebelum dan sesudah penerapan model group investigation berbantu multimedia interaktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation;Perencanaan;Keterlaksanaan;Kemampuan berpikir kreatif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: desti rahmawati
Date Deposited: 11 Dec 2019 03:43
Last Modified: 11 Dec 2019 03:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28183

Actions (login required)

View Item View Item